Kumpul di IKN, Para Gubernur Diminta Bawa Air-Tanah dari Daerahnya

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 13 Mar 2022 09:09 WIB
Khofifah Indar Parawansa.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memasukkan air dari sebuah sumur di Situs Sumur Upas. (Foto: dok. Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jakarta -

Para gubernur di seluruh Indonesia esok hari akan berkumpul di geodesi ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Seluruh gubernur tersebut diminta membawa air dan tanah dari daerah masing-masing.

Tak terkecuali Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah menyebut hari ini gubernur se-Indonesia akan bertolak ke Kalimantan Timur.

"Seluruh gubernur diminta membawa air dan tanah dari masing-masing provinsi. Kemudian akan menanam pohon yang spesifik dari masing-masing provinsi," kata Khofifah di Situs Sumur Upas seperti dilansir detikjatim, Sabtu (12/3/2022).

Khofifah mengambil sampel air dan tanah yang berada di Situs Sumur Upas. Di situs peninggalan Kerajaan Majapahit itu, Khofifah didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Khofifah mengambil sampel air yang berada di sebuah sumur di Situs Sumur Upas. Air tersebut dimasukkan ke sebuah kendi yang dibungkus kain batik. Sedangkan sampel tanah diambil di antara struktur purbakala yang juga berada di situs yang sama.

"Kami mendapatkan penugasan saja, semua gubernur diminta membawa air dan tanah dari masing-masing daerahnya. Kebetulan IKN nanti namanya Nusantara. Ini (Situs Sumur Upas) salah satu titik kami mengambil air dan tanah untuk dicampur dengan air dan tanah dari 33 provinsi yang lain," papar Khofifah.

Selengkapnya baca di sini.

Simak Video 'Sederet Tantangan Bambang Susantono-Dhony Rahajoe Pimpin IKN':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/imk)