Berantas Narkoba di Kampung Bahari, 60 Personel Akan Patroli Tiap Hari

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Sabtu, 12 Mar 2022 12:04 WIB
Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa
Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa (Fakhri Fadlurrohman/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya akan melakukan patroli setiap hari di Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Hal tersebut untuk mencegah peredaran narkoba yang begitu sering di kampung tersebut.

"Kita nggak mau jadi pemadam kebakaran, jadi kita musnahkan semua, operasi semua, dan kita bangun posko dan itu rutin kita setiap hari operasi," ucap Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa saat ditemui di gerai vaksin Jakarta Timur, Sabtu (12/3/2022).

Mukti mengaku bandar besar narkoba di Kampung Bahari sudah tertangkap. Untuk mengantisipasi adanya kembali bandar baru dan peredaran narkoba, 60 personel diturunkan untuk menjaga pos polisi di Kampung Bahari.

"Bandar sudah dapat kemarin kan. Insyaallah nggak ada bandar lagi ya, mulai kemarin sudah ada 60 personel gabungan Brimob, Sabhara, Resnarkoba, Binmas, gabungan di situ semua," tuturnya.

Selain mengurangi peredaran narkoba, menurutnya, adanya pos polisi di Kampung Bahari dapat mengurangi aksi tawuran. Ia berharap Kampung Bahari bisa bersih dari narkoba.

"Iya, insyaallah, dengan adanya pospol di sana, dengan adanya kekuatan 60 personel, tawuran dan narkoba bisa kita atasi," ucapnya

"Kita betul-betul mencegah membuat Kampung Bahari bersih narkoba seperti Kampung Ambon. Sekarang namanya Kampung Permata, sudah bersih dari narkoba, oke," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, tim gabungan melaksanakan operasi besar-besaran melibatkan 700 personel di Kampung Bahari, Jakut, Rabu (9/3/2022) lalu. Dalam operasi ini polisi menangkap 26 orang.

"Kita mengamankan 26 orang, tentunya mereka ini sebagai pelaku yang nantinya juga akan ditetapkan sebagai tersangka, terdiri dari 18 laki-laki dan 8 perempuan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di lokasi, Rabu (9/3).

Selain itu, polisi mengamankan barang bukti, antara lain 1.500 butir ekstasi, 350 gram sabu, 80 senjata tajam, 125 petasan, 22 unit motor, hingga uang tunai Rp 35 juta, dan lain-lain. (yld/yld)