Kala Ibas Salurkan 16 Ribu Liter Minyak Goreng di Tengah Kondisi Langka

ADVERTISEMENT

Kala Ibas Salurkan 16 Ribu Liter Minyak Goreng di Tengah Kondisi Langka

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Mar 2022 07:54 WIB
Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas
Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kegiatan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menyalurkan 16 ribu liter (16 ton) minyak goreng dengan harga murah ke konstituennya menjadi sorotan di media sosial. Sorotan itu datang karena kondisi minyak saat ini tengah langka.

Ibas Salurkan Minyak Goreng Murah Saat Kunjungi Dapil

Kegiatan itu dilakukan Ibas saat dirinya berkunjung ke dapil di masa reses ini. Ibas mengaku masih menemukan harga bahan pokok yang mahal termasuk minyak goreng.

"Ini adalah realitas kejadian yang kita temui di Kabupaten Ngawi ketika kami melakukan reses DPR RI. Kita serap aspirasi masyarakat tidak hanya dari pemberitaan, tapi kita melihat langsung di lapangan bahwa benar mereka merasa kesulitan dan mengeluhkan mahalnya harga kebutuhan pokok, seperti kedelai, lombok (cabai), daging, dan yang paling gaduh adalah minyak goreng," kata Ibas dalam keterangan tertulis, Rabu (9/3/2022).

Ibas lantas melakukan kegiatan dengan menjual 16 ribu liter minyak goreng kepada masyarakat dengan harga Rp 11.500 per liter, sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Ibas heran kebijakan HET yang telah ditentukan pemerintah tidak terealisasi dengan baik. Dia bahkan menemukan masih adanya harga minyak Rp 90 ribu per liter.

"Akan tetapi, realitasnya masyarakat masih harus membeli minyak goreng dengan harga yang lebih dari itu, bisa sampai 20 ribu hingga 30 ribu, bahkan ada yang sampai 90 ribu per liter. Kenaikan harga bahan pokok ini tentu menyulitkan masyarakat," ujarnya.

Anggota Komisi VI DPR itu mendorong pemerintah pusat dan daerah hingga dinas terkait tanggap menangani kelangkaan minyak tanah ini. Dia memastikan akan terus menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah agar persoalan minyak goreng menemukan solusi.

"Saya menyambut baik atas segala aksi nyata para produsen, pemerintah pusat dan daerah dalam menyikapi tantangan ini. Kami sebagai wakil rakyat akan terus menyampaikan aspirasi ini ke pemerintah untuk dicarikan solusi cepat dan terbaiknya," tutur Ibas.

Kegiatan itu kemudian heboh di media sosial Twitter. Seperti dilihat detikcom pada Jumat (11/3/2022), kata '16 ton' menjadi salah satu trending topic.

Banyak pengguna Twitter mempertanyakan dari mana Ibas mendapatkan 16 ton minyak goreng yang disalurkan dengan harga subsidi itu. Ada juga yang mengungkit soal penimbunan minyak goreng.

Demokrat mengaku heran, simak selengkapnya di halaman berikut

Tonton juga Video: Antusiasme Warga Ikuti Vaksinasi Bonus Beli Minyak Goreng Murah

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT