Dilaporkan Keluarga Pulang ke Rumah, Napi Kabur dari Lapas di Jambi Ditangkap

Ferdi - detikNews
Jumat, 11 Mar 2022 11:13 WIB
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Ilustrasi Napi/Tahanan Kabur (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Tim gabungan polisi dan petugas Lapas Kelas II B Sarolangun, Jambi, menangkap narapidana berinisial IW yang kabur dari Lapas. Dia ditangkap saat coba pulang ke rumah.

"Tim yang dibantu polisi coba mendatangi rumah keluarga yang bersangkutan, di situ tim berkoordinasi dengan beberapa aparatur desa dan dusun bahkan keluarganya, jika yang bersangkutan tiba pulang ke rumah untuk dilaporkan," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi Aris Munandar kepada wartawan, Jumat (10/3/2022).

IW disebut kabur pada Kamis (9/3) siang. Saat itu, IW kabur dari dalam lapas saat petugas memberikan izin bagi para warga binaan untuk menjalankan ibadah salat berjemaah.

Momen itu diduga dimanfaatkan IW untuk kabur. IW diduga kabur dengan cara mengelilingi tembok yang roboh sambil membuka penutup seng pembatas.

"Yang bersangkutan itu kabur saat yang lain warga binaan menjalankan salat berjemaah. Dia menyelinap dan mengendap ke ornamen pembatas tembok, lalu memanjat dengan menghindari pantauan petugas. Dari situ yang bersangkutan lari menuju tembok yang roboh dan kabur," ujar Aris.

Aris mengatakan IW diketahui kabur setelah petugas melakukan pendataan kembali usai salat berjemaah. Petugas curiga karena jumlah napi berkurang.

Pada pukul 23.55 WIB di hari sama, IW ditangkap lagi. Pihak keluarga disebut memberitahu kalau IW sedang di rumah.

"Sekarang warga binaan ini sudah berada di lapas. Dia ini juga tersandung kasus perampokan," ucap Aris.

Lihat juga video 'Napi Kabur Selama 3,5 Tahun, Ditangkap Saat Mudik Lebaran':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)