Sopir Truk di Pasuruan Bagi Brosur Ajak Mogok Operasi-Tolak Aturan ODOL

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 15:20 WIB
Puluhan Sopir Truk Aksi di Tol Pasuruan, Ajak Temannya Ikut Aksi Mogok Nasional
Sopir truk di Pasuruan bagi brosur ajakan mogok dan tolak aturan ODOL. (Muhajir Arifin/detikcom)
Jakarta -

Komunitas sopir truk Pasuruan Raya membagikan brosur di Exit Tol Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Mereka mengajak para sopir truk lainnya ikut mogok sebagai bentuk penolakan aturan overdimension overloading (ODOL).

Dilansir detikJatim, Kamis (10/3/2022), pantauan di lokasi, puluhan sopir dari 5 komunitas berkumpul di jalan masuk dan keluar tol. Mereka membagikan brosur ajakan mogok pada Jumat (11/3) besok.

Sebagian mereka meneriakkan seruan penyemangat yang disambut sopir kendaraan yang menerima selebaran. Mereka memarkir truk-truk di pinggir jalan.

"Kami mulai dari PTN, ISAP, PDSI, KTSL, all komunitas sopir truk Pasuruan, men-support kegiatan teman-teman mogok nasional dan mogok kerja pada hari Jumat, 11 Maret 2022, di kantor gubernur," kata Pembina PTN, Waluyo Utomo, Kamis (10/3).

Waluyo mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi berbentuk selebaran dan lisan ke seluruh sopir Pasuruan bahwa Gerakan Sopir Jawa Timur (GSJT) akan menggelar aksi mogok kerja nasional pada 11 Maret 2022. Aksi itu menolak aturan mengenai ODOL.

"Pemberlakuan undang-undang ODOL ini setidaknya ada perubahan, minimal tidak diberlakukan dalam jangka waktu hari-hari ini yang sudah diberlakukan. Selama ini ditilang, di timbangan ya kena sanksi, juga waktu uji KIR kami dipersulit juga dipotong. Ini kan memerlukan solusi-solusi bagaimana yang terbaik. Sopir merasa dirugikan dengan undang-undang ini," jelas Waluyo.

Baca berita selengkapnya di sini.

Lihat Video 'Kisah Sopir Bus Wanita Asal Wonogiri':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/haf)