Gubernur Jambi soal Sungai Batanghari Bersih: DPRD Segera Buat Perda

Ferdi Almunanda - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 13:44 WIB
Gubernur Jambi Al Haris saat menyampaikan keinginan percepat Geopark Merangin jadi UNESCO Global Geopark (UGG)
Gubernur Jambi Al Haris (Ferdi/detikcom)
Jambi -

Gubernur Jambi Al Haris mengusulkan pembentukan peraturan daerah (perda) yang mengatur mengenai gerakan Sungai Batanghari bersih. Al Haris mengatakan sungai yang menjadi sumber kebutuhan itu saat ini telah tercemar.

"Kita minta DPRD segera membuat perdanya untuk menjaga kebersihan sungai ini," kata Gubernur Jambi Al Haris, Kamis (9/3/2022).

Al Haris mengatakan Sungai Batanghari Jambi menjadi sumber air masyarakat itu kini telah kotor dengan berbagai sampah. Bahkan sungai ini juga sudah bercampur zat berbahaya akibat limbah perusahaan dan adanya aktivitas tambang ilegal.

"Saya prihatin, sungai yang menjadi sumber kebutuhan, kini kotor lantaran buang sampah sembarangan, adanya limbah serta perkebunan yang masif, bahkan adanya aktivitas tambang emas ilegal, penambangan liar, yang menyebabkan Sungai Batanghari ini sudah tercemar," ujar Al Haris.

DPRD Jambi Dukung Pembentukan Perda

Keinginan orang nomor satu di Jambi itu bahkan direspons baik oleh dewan. Wakil Ketua DPRD Jambi Faizal Riza mendukung pembentukan Perda yang mengatur soal kebersihan Sungai Batanghari itu.

"Dengan adanya usulan Peraturan Daerah (Perda) untuk pengelolaan Sungai Batanghari, kita siap mendukung. Faisal mempersilakan pihak Pemprov Jambi untuk mengajukan keinginan usulan perda itu," kata Faizal Riza.

Faizal meminta Pemprov Jambi mengajukan raperda itu sebagai inisiatif Pemprov. DPRD Jambi, kata Faizal, siap membahas Raperda itu.

"Tapi kalau memang inisiatifnya dari Pemprov ya silakan untuk diajukan ke DPRD, kami akan membahas itu. Untuk kebersihan Sungai Batanghari Jambi kita pasti akan dukung ya, apalagi ini juga merupakan sungai ikon Jambi," ujarnya.