ADVERTISEMENT

4 Bocah di Tangerang Curi Kotak Amal Buat Jajan, Kasus Berakhir Damai

Khairul Ma'arif - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 19:56 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Tangerang -

Empat bocah nekat mencuri kotak amal di sebuah masjid di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Keempat bocah itu terpergok warga sekitar saat hendak membawa kotak amal.

Kanit Reskrim Polsek Cipondoh Ipda Zainal Arifin menyebutkan peristiwa itu terjadi pada Minggu (6/3). Isi kotak amal itu tidak sampai Rp 100 ribu.

"Isinya nggak ada Rp 100 ribu Pak. Itu kan isinya sudah diambil sama marbut. Jadi isinya cuma sisa-sisa doang yang baru, tidak jutaan. Nggak nyampai Rp 100 ribu, cuman Rp 20 ribu receh ya," kata Arifin saat dihubungi detikcom, Selasa (8/3/2022).

Dia menjelaskan keempat bocah itu rata-rata berusia 9-10 tahun. Meski begitu, kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan.

"Rata-rata usianya ya sampai 9-10 tahun. Karena itu masih tetangga sekitar masjid, anak-anak kecil itu ya mereka (DKM masjid) menyelesaikan secara kekeluargaan tidak ada proses hukum. Jadi orang tuanya dipanggil sama orang masjid," tambahnya.

Arifin mengungkapkan keempatnya melakukan perilaku tercela itu atas dasar inisiatif sendiri. "Keterangan ustaz dan pengurus masjid untuk jajan saman teman-temannya. Ya tidak ada yang menyuruh," ucapnya.

Sebelumnya, aksi keempatnya ini viral diunggah ke media sosial. Bahkan terekam dalam kamera CCTV masjid saat bocah ini sedang menggotong kotak amal sasarannya.

"Itu kan anak-anak ya harusnya jangan diviralkan juga itu karena terkait dengan UU perlindungan anak itu," pungkasnya.

(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT