Polisi Sebut Narkoba Sangat Berimplikasi terhadap Peningkatan Kejahatan

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 14:34 WIB
Polres Jakpus gagalkan peredaran 115 Kg sabu selama 3 bulan operasi
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi (Dok. Polres Jakpus)
Jakarta -

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan narkoba sangat berkorelasi dengan kejahatan jalanan. Sebagian besar pelaku kejahatan jalanan, bahkan tawuran, terpengaruh narkoba.

"Apa itu geng motor yang lakukan pencurian dengan kekerasan, penganiayaan, korban itu fatal. Termasuk tawuran juga fatal. Setelah kami cek urine, sebagian besar di bawah dalam pengaruh narkoba, khususnya sabu," ujar Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2022).

Hengki menyebutkan penggunaan narkoba meningkatkan agresivitas. Maka tidak jarang pelaku kejahatan yang mengkonsumsi narkoba bersikap agresif, bahkan tidak segan-segan menghilangkan nyawa korbannya.

"Jadi mereka melakukan kegiatan pelanggaran hukum deviasi ini merupakan stimulus dari narkoba, khususnya sabu. Oleh karena itu, pagi ini kita saksikan bersama ungkap narkoba Polres Jakpus dalam kurun waktu 3 bulan terakhir yang menyita kurang-lebih 115 kilogram narkoba jenis sabu gabungan antara yang lama dan baru," jelas Hengki.

Dengan tegas, Hengki menyatakan jika para pengedar narkoba merupakan musuh bersama. Narkoba harus diberantas karena merusak generasi penerus bangsa.

Bahkan dia menyebut kejahatan jalanan kini sudah tidak bermotif ekonomi. Mereka bisa dengan seenaknya melakukan kejahatan jalanan untuk membeli narkoba.

"Terakhir kami sampaikan ternyata kejahatan jalanan ini tidak lagi semua bermotif ekonomi. Namun mereka bagaimana memiliki motivasi melakukan kejahatan untuk peroleh narkotika karena mereka sudah jadi pecandu dan sebagainya," ungkap Hengki.

Hengki mengatakan narkoba berimplikasi terhadap meningkatnya kejahatan jalanan. Pihaknya sangat concern dalam memberantas narkoba.

"Kami sangat concern terhadap narkoba ini, karena implikasinya terhadap meningkatnya kejahatan jalanan. Oleh karenanya, Polres Jakarta Pusat tidak akan berhenti terus melakukan pemantauan, pemantauan terhadap sindikat narkoba ini," paparnya.

Lihat juga video 'Nyamar Jadi Pembeli, Polisi di Sumut Amankan Ratusan Gram Sabu':

[Gambas:Video 20detik]


Simak di halaman selanjutnya: strategi Polres Jakpus cegah narkoba.