ADVERTISEMENT

Cegah Banjir, Polisi-TNI Sisir Sampah Sungai Ciliwung Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 12:41 WIB
Polisi, TNI dan Satpol PP bersih-bersih sampah di Sungai Ciliwung, Bogor
Polisi, TNI dan Satpol PP bersih-bersih sampah di Sungai Ciliwung, Bogor (Rizky/detikcom)
Bogor -

Petugas gabungan menggelar kegiatan membersihkan Sungai Ciliwung di Desa Batu Layang, Cisarua Kabupaten Bogor. Salah satu tujuannya adalah mengantisipasi banjir akibat endapan sampah di sungai.

"Salah satunya untuk itu (mengantisipasi banjir)," kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Kegiatan dimulai tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Petugas membersihkan sampah-sampah yang ada di sana, terutama mulai sampah rumah tangga seperti plastik kemasan.

"Itu dominannya sampah dari limbah masyarakat, rumah tangga, plastik-plastik bekas styrofoam. Itu kalau tidak kita segera bersihkan penguraiannya akan sangat panjang, bisa ratusan tahun mengurai sampah plastik," ungkapnya.

Polisi, TNI dan Satpol PP bersih-bersih sampah di Sungai Ciliwung, BogorPolisi, TNI dan Satpol PP bersih-bersih sampah di Sungai Ciliwung (Rizky/detikcom)

Petugas akan memberi imbauan di sepanjang Sungai Ciliwung tentang pentingnya menjaga aliran sungai. Agar masyarakat tidak membuang sampah ke Sungai Ciliwung.

"Kami sudah merencanakan dengan Kecamatan, kemudian dari pegiat lingkungan akan memberikan imbauan-imbauan, kemudian meletakkan peringatan-peringatan di sepanjang Ciliwung agar masyarakat tahu betapa pentingnya kita harus merawat Ciliwung," tuturnya.

Petugas juga akan terus menertibkan bangunan yang tidak sesuai ketentuan batas sempadan Sungai Ciliwung. Hal itu membutuhkan waktu lebih, sebab mengingat panjangnya Sungai Ciliwung.

"Sudah ada penertiban oleh Pemkab yang ada di bantaran sungai yang tidak sesuai ketentuan batas sepadan sungai sudah ditertibkan. Namun karena panjangnya dari Ciliwung ini, teman-teman dari Satpol PP membutuhkan waktu sampai dengan tertib seluruhnya," tuturnya.

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT