ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Nazhir atau Yayasan yang Lebih Berhak Kelola Tanah Wakaf?

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 08:33 WIB
Lahan Sengketa Mafia Tanah di Sukabumi
Ilustrasi lahan wakaf (Foto: Syahdan Alamsyah)

Di dalam pelaksanaan wakaf, harta benda wakaf harus didaftarkan atas nama nazhir untuk kepentingan pihak yang dimaksud dalam akta ikrar wakaf sesuai dengan peruntukannya (Pasal 3 PP No. 42 Tahun 2006). Sedangkan Nazhir sendiri bisa meliputi:

a. perseorangan,
b. organisasi,
c. badan hukum (Pasal 2 PP No. 42 Tahun 2006).

Seperti yang telah ditentukan menurut hukum, maka yang berhak untuk mengelola tanah wakaf adalah nazhir. Sedangkan terkait dengan pengelolaan Madrasah, dilakukan oleh Yayasan.

Wasalam

Tim Pengasih detik's Advocate


Tentang detik's Advocate

detik's Advocate adalah rubrik di detikcom berupa tanya-jawab dan konsultasi hukum dari pembaca detikcom. Semua pertanyaan akan dijawab dan dikupas tuntas oleh para pakar di bidangnya.

Pembaca boleh bertanya semua hal tentang hukum, baik masalah pidana, perdata, keluarga, hubungan dengan kekasih, UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE), hukum merekam hubungan badan (UU Pornografi), hukum waris, perlindungan konsumen dan lain-lain.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Pertanyaan dan masalah hukum/pertanyaan seputar hukum di atas, bisa dikirim ke kami ya di email: redaksi@detik.com dan di-cc ke-email: andi.saputra@detik.com dengan subjek email: detik's Advocate

Semua jawaban di rubrik ini bersifat informatif belaka dan bukan bagian dari legal opinion yang bisa dijadikan alat bukti di pengadilan serta tidak bisa digugat.


(asp/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT