Golkar Duga Ada Maksud Tertentu Anies Pamer Kondisi Jakarta 1971-2021

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 06:09 WIB
Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco
Basri Baco (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai terlalu jauh saat membandingkan kemajuan Jakarta antara tahun 1971 dengan 2021. Golkar DKI menilai hal ini merupakan hal yang wajar.

"Wajar sajalah, kan Gubernurnya dia sekarang ini," ujar Ketua Fraksi Golkar DKI Jakarta Basri Baco, kepada wartawan, Senin (7/3/2022).

Basri Baco menilai ada alasan Anies memamerkan foto-foto tersebut. Menurutnya banyak banyak perubahan yang berhasil meski tak jarang juga yang tidak berhasil.

"Pasti ada maksud-maksud Gubernur pamer foto-foto itu. Banyak yang berhasil walau pun ada juga yang tidak berhasil," tuturnya.

"Dari pada pamer yang aneh-aneh kan mending pamer keberhasilan," sambungnya.

Beberapa pihak menilai Anies terlalu jauh membandingkan Jakarta kini dengan 50 tahun lalu. Namun menurut Basri Baco hal ini dilakukan agar dapat terlihat hasil yang signifikan.

"Kalau terlalu dekat kan tidak kelihatan signifikan perbedaannya," imbuhnya.

Anies Bandingkan Kemajuan Jakarta 1971 dengan 2021

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan kemajuan Jakarta dalam 50 tahun. Anies menunjukkannya dengan membandingkan dua foto dari tahun berbeda.

Foto tersebut diunggah melalui instagram pribadinya, @aniesbaswedan. Dalam postingan itu, Anies menunjukkan foto tahun 1971 dan di tahun 2021.

"Kemajuan Jakarta dalam 50 tahun, foto pertama dari 1971, foto bawah 2021," kata Anies seperti dilihat pada Minggu (6/3).

Anies bertanya ke para pengikutnya di Instagram soal kedua foto itu. Dia meminta netizen menyebutkan lima perbedaan dari kedua foto itu.

"Bisa sebutkan lima perbedaannya?" tanya Anies.

Dalam foto pertama yang diunggah Anies, tampak suasana kawasan Jalan Sudirman Jakarta pada tahun 1971. Dalam foto itu, terlihat warga beraktivitas menggunakan berbagai kendaraan mulai dari becak, mobil, berjalan kaki, bersepeda hingga menaiki bus angkutan umum. Tak terlihat banyak bangunan bertingkat di masa itu.

Pada foto yang diambil tahun 2021, tampak gedung-gedung pencakar langit menjulang di berbagai sisi. Terlihat pula halte beserta bus TransJakarta yang tengah melintas di jalur.

Simak juga 'Survei PRC-PPI: Ganjar Teratas, Puan 'Juru Kunci'':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/aud)