Video 20Detik

Survei PRC-PPI: Ganjar Teratas, Puan 'Juru Kunci'

dtv - detikNews
Senin, 07 Mar 2022 06:45 WIB
Jakarta -

Lembaga survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei kandidat calon presiden 2024. Hasilnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ada di posisi teratas, sedangkan nama Puan Maharani jadi 'juru kunci' alias terbawah di semua kriteria capres.

Ganjar mengungguli Anies Baswedan, Ridwan Kamil hingga Prabowo Subianto. Ganjar sendiri unggul dari 11 aspek yang disurvei, yakni visioner, kepemimpinan politik, intelektualitas, keterampilan politik, keterampilan komunikasi politik, stabilitas emosi, gaya kepemimpinan, religiusitas dan nasionalisme, penampilan, integritas moral, serta kapabilitas.

Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo mengungkap alasan Ganjar ada di posisi teratas. Salah satunya soal gayanya.

"Alasan yang muncul adalah gaya. Itu kan linenya dengan apa yang kita temukan di sini, gaya, bahkan cara bicara Ganjar itu menjadi sesuatu buat masyarakat di level grassroot, massa. Bahkan cara dia bersikap, cara dia menyampaikan sesuatu, merespon masalah," ujar Rio.

Sementara itu nama Ketua DPR Puan Maharani konsisten di posisi terbawah di segala aspek. Menurut Rio, Puan dinilai tak capable dengan kandidat yang lain.

"Dia tidak pernah berdiri menyampaikan point of view tentang masa depan bangsa ini misalnya, atau engagement dia terhadap, keterlibatan dia terhadap berbagai isu, atau mungkin sulit karena jarang berbicara dengan media, sehingga key of leader tidak bisa memberikan penilaian yang cukup. Sehingga dianggap Puan dibanding yang lain tidak cukup capable mungkin dibanding yg lain," kata Rio.

(gra/gra)