Jurus Polda NTB Genjot Laju Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bima

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 06 Mar 2022 17:53 WIB
Jurus Polda NTB Genjot Capaian Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bima
Foto: Dok. Polda NTB
Jakarta -

Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto menyatakan upaya percepatan vaksinasi yang dijalankan selama 14 hari terakhir di Kabupaten Bima menunjukkan hasil positif. Pemberian vaksin dosis satu sampai tiga dikatakannya meningkat signifikan.

Hal itu disampaikan Djoko dalam sambutannya di acara 'Gebyar Percepatan Berhadiah Tingkat Kabupaten Bima', Sabtu (5/3) yang digelar di lapangan Pemerintah Kabupaten Bima.

Ia merinci untuk Kabupaten Bima, sebelum upaya percepatan vaksinasi dikebut, capaian untuk dosis 1 sebesar 75,33 %, dosis 2 sebesar 30,06 %, dan dosis 3 0,64%. Setelah kegiatan vaksinasi digencarkan, ulas Djoko, pemberian dosis 1 meningkat menjadi 87,23%, dosis 2 menjadi 70,70%, dan dosis 3 menjadi 3,75%.

"Terjadi peningkatan laju vaksinasi, dosis 1 sebesar 11,90%, dosis 2 sebesar 40,64%, dan dosis 3 sebesar 3,11%," kata Djoko dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (6/3/2022).

Ia menjelaskan ada sejumlah langkah yang dijalankan Polda NTB untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bima. Pertama dengan menurunkan Satgas percepatan laju vaksinasi Provinsi NTB untuk berkoordinasi dan kolaborasi dengan Pemkab Bima. Kedua, memahami anatomi vaksinasi dalam menentukan strategi (sasaran, target, inovasi) sebagai percepatan laju vaksinasi

Ketiga, mengoptimalkan Batalyon Vaksinator dan Batalyon P-Care. Keempat, menerjunkan langsung PJU Polda NTB selaku Pamatwil di tingkat kecamatan. Kelima, pemberian stimulus, sosialisasi dan edukasi kepada kepada masyarakat sebagai sasaran vaksinasi. Keenam, pelaksanaan analisa dan evaluasi (anev) capaian laju vaksinasi setiap hari.

Keenam langkah strategis yang melibatkan sejumlah pihak itu, kata Djoko, mendorong peningkatan laju capaian Vaksinasi di Kabupaten Bima. Oleh sebab itu, ia Berterima kasih atas peran Bupati Bima Indah Dhamayanti beserta jajarannya, FKPD Bima, Toga, Toma, pejuang vaksinasi, dan terkhusus masyarakat Kabupaten Bima yang berperan aktif untuk menyukseskan program laju vaksinasi di Kabupaten Bima.

"Pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan terimakasih," ungkap Djoko.

Pada Sabtu (5/3) Kapolda memantau kegiatan vaksinasi di sejumlah gerai vaksinasi dengan didampingi para PJU Polda NTB, Bupati Bima, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, Danyon Brimob Pelopor Bima AKBP Zulkarnain, Wakapolres Bima Kompol Yusuf, dan Dandim 1608/Bima Letkol Inf Muhammad Zia Ulhaq.

Di penghujung kunjungannya di acara Gebyar Percepatan Vaksinasi Tingkat Kabupaten Bima yang diramaikan dengan sejumlah doorprize, Djoko berkesempatan untuk mencabut kupon hadiah utama berupa 1 unit Sepeda Motor.

Adapun hadiah utama yang disediakan yakni 2 unit motor. 1 unit disediakan panitia, dan 1 unit merupakan sumbangan dari Kapolda NTB. Djoko juga menyerahkan sejumlah paket bantuan kepada para Lansia.

Sebagai informasi, kehadiran Kapolda NTB di acara Gebyar Percepatan Vaksinasi tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan 2 hari kunjungan kerjanya di Bima.

(akd/ega)