ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Angin Kencang di Jabodetabek yang Makan Korban

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Mar 2022 22:43 WIB
Ilustrasi angin kencang
Angin Kencang (Foto: Dok. detikcom)
Jakarta -

Angin kencang menghantam beberapa wilayah di Jabodetabek. Bahkan, fenomena alam ini memakan korban jiwa.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) awalnya sudah mewanti-wanti masyarakat untuk waspada akan hujan lebat dan angin kencang di Jabodetabek siang hingga sore tadi. Terprediksi, angin kencang itu benar terjadi di beberapa titik.

"Peringatan dini cuaca Jabodetabek tanggal 5 Maret 2022 pukul 11.46 WIB berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 12.00 WIB," tulisnya di akun twitter @infoBMKG, Sabtu (5/3/2022).

Akibatnya, rumah, pohon, baliho, hingga korban luka terdampak karena angin kencang ini. detikcom merangkum fakta-fakta angin kencang di Jabodetabek hari ini, yakni sebagai berikut:

1 Driver Ojol Tewas di Bekasi Tewas

Sebuah rambu penunjuk jalan (RJP) di Jalan Juanda, Bulak Kapal, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, roboh akibat angin kencang. Seorang pengemudi tewas akibat tertimpa robohan RJP tersebut.

Kepala Pos Dinas Perhubungan (Dishub) Bulak Kapal Deni Setiawan mendapat informasi awal dari pengendara motor dari arah RJP roboh pada sekitar pukul 13.00 WIB. Lalu ia menugaskan tiga petugas Dishub untuk mendatangi lokasi.

"Ada pengendara motor yang dari arah RJP jatuh, ngasih kabar ke kita, 'Pak, itu ada korban itu tertiban reklame'. Terus kita arahkan teman ke sana. Posisinya sudah ada korban dan reklame posisinya sudah dipinggirkan. Korban pun dipinggirkan," ujar Deni ketika dihubungi detikcom pada Sabtu (5/3)

Dalam kejadian tersebut, dua pengendara menjadi korban robohnya papan petunjuk jalan. Satu orang yang tertimpa di bagian kepala meninggal saat berada di Rumah Sakit Graha Juanda.

"Ada dua korban, yang satu kakinya luka, yang satu yang ke rumah sakit itu meninggal. Dilihat oleh teman saya itu juga ada luka di kepala, ada benjol gitu," ucapnya.

Atap Plafon Mal di Kemang Jaksel Ambruk, Sejumlah Pengunjung Terluka

Atap plafon di sebuah mal di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, ambruk. Peristiwa ini mengakibatkan sejumlah pengunjung terluka.

"Telah terjadi insiden runtuhnya plafon atap mal yang mengarah ke arah atrium," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan Herbert P Lumban Gaol kepada wartawan, Sabtu (5/3).

Herbert mengatakan insiden itu terjadi saat mal tengah beroperasi sore ini. Peristiwa ini terjadi saat angin kencang yang melanda di beberapa lokasi di Jakarta.

Runtuhan plafon jatuh ke dasar dan mengenai beberapa pengunjung. Para korban dievakuasi ke rumah sakit.

"Beberapa korban telah diamankan petugas, sementara untuk diberi pertolongan pertama ke RS Brawijaya dengan didampingi pihak manajemen," katanya.

Simak fakta angin kencang lainnya di halaman selanjutnya..



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT