Andre Rosiade Salurkan Bantuan Rp 1,4 M untuk Korban Gempa Sumbar

Dea Duta Aulia - detikNews
Sabtu, 05 Mar 2022 19:58 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyerahkan bantuan senilai Rp 1,4 miliar untuk korban gempa di Sumatera Barat.
Foto: Istimewa
Jakarta - Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyerahkan bantuan senilai Rp 1,4 miliar untuk korban gempa di Sumatera Barat. Bantuan tersebut bertujuan untuk meringankan beban korban bencana alam di Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Bantuan tersebut langsung diserahkan kepada korban bencana alam yang disaksikan oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Ketua DPRD Pasbar Eriyanto, Ketua DPC Gerindra Pasaman Barat Maryanto, dan perwakilan 10 BUMN.

"Alhamdulillah, kami datang sebagai Anggota DPR Ri yang ditugaskan Pak Prabowo Subianto di Komisi VI yang bermitra dengan BUMN. Kami datang untuk membantu meringankan bantuan untuk masyarakat Pasbar dengan menggalang bantuan dari 10 BUMN senilai total Rp 1,4 miliar," kata Andre dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/3/2022).

Andre menjelaskan bantuan tersebut berasal dari sejumlah BUMN seperti Bank Mandiri Rp 250 juta, BRI Rp 250 juta, BNI Rp 150 juta, Pertamina Rp 150 juta, Telkomsel Rp 100 juta, Pelindo Rp 100 juta, PTPN Rp 100 juta, Pupuk Indonesia Rp 100 juta, Hutama Karya Rp 100 juta, dan Semen Indonesia 1.500 sak semen atau setara Rp 100 juta.

"Hari ini kita antarkan Rp 1,4 miliar. Namun yang paling penting adalah pasca tanggap darurat ini. Kami dari Partai Gerindra tidak akan tinggal diam dan akan terus fokus menuntaskan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekons)," kata Andre.

Ia mengatakan Partai Gerindra melalui kadernya yang juga anggota DPR RI Dapil Sumbar 2 Ade Rezki Pratama meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menuntaskan persoalan pasca gempa di Pasbar dan Pasaman.

"Ade Rezki adalah anggota DPR RI asal Dapil 2 yang mulai 15 Maret 2022 ini pindah ke Komisi V. Tugasnya mengawal rehab-rekon Pasaman dan Pasbar. Partai Gerindra berkontribusi positif untuk masyarakat. Insya Allah Ade Rezki akan mengawal pembangunan. Terima kasih pak Bupati dan anggota DPRD Sumbar bu Yunisra dan bang Juntak yang hadir. Juga Ketua DPC Gerindra Pasbar pak Maryanto sebagai tuan rumah. Kami tunggu SK dari Bupati Pasbar untuk segera melakukan pembangunan kembali," kata Andre.

Sementara itu, Ketua DPRD Pasbar Eriyanto mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade karena sudah datang bersama-sama dengan BUMN mengantarkan bantuan.

"Tentunya hari ini kita tidak sebatas yang dibawa hari ini saja. Tapi kami mewakili Pasbar banyak yang harus disampaikan. Banyak dampak. Ada 15 ribu warga terdampak gempa. Baik tempat ibadah, infrastruktur, jalan, jembatan dan lainnya. Semoga bisa kembali hidup layak," kata Eriyanto.

Eriyanto mengatakan setidaknya ada 5.000 rumah tak layak huni rusak berat akibat gempa.

"Pastinya ini tak selesai oleh APBD Pabar saja. Karena itu kami ingin masalah ini dibawa ke pusat oleh bang Andre Rosiade. Agar Pasbar kembali baik," kata Eriyanto.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Pasbar Hamsuardi. Ia mengucapkan terima kasih atas kedatangan Andre Rosiade ke ke Kajai, Pasbar.

"Harapan kita, dengan kehadiran pak Andre Rosiade, bisa mempercepat pemulihan korban gempa Pabar. Karena masih ada ribuan rumah yang rusak karena gempa. 15 ribu orang mengungsi. Ada pengungsian di halaman Kantor Bupati dan Rumah Bupati dan lain-lain. Ada juga yang mengungsi sendiri di sekitar rumah. Bahkan, di halaman kantor Bupati ada 2.800 pengungsi dan sisanya bertebaran di luar," tutup Hamsuardi. (akn/ega)