Emak-emak Paguyuban Jamu Gendong Bojonegoro Deklarasi Airlangga Capres 2024

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Mar 2022 20:07 WIB
Emak-emak paguyuban jamu gendong mendukung Airlangga jadi presiden 2024 (Dok istimewa)
Emak-emak paguyuban jamu gendong mendukung Airlangga jadi presiden 2024. (Dok istimewa)
Bojonegoro -

Emak-emak di Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan dukungan untuk Airlangga Hartarto maju sebagai capres pada 2024. Emak-emak yang tergabung dalam Paguyuban Jamu Gendong itu menganggap Airlangga berhasil memberikan peluang agar mereka tetap bisa berjualan.

"Dukungan kepada Bapak Airlangga Hartarto sebagai Presiden Republik Indonesia pengganti Bapak Jokowi merupakan bukti nyata (dukungan) rakyat kecil kepada beliau," kata Ketua DPD Partai Golkar Bojonegoro Mitro'atin dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022).

"Karena, di saat pandemi COVID-19 beliau (Airlangga, red)) sukses mengendalikan perekonomian, sehingga rakyat kecil, khususnya Paguyuban Jamu Gendong, masih bisa berjualan di situasi sulit," imbuhnya.

Deklarasi dukungan untuk Airlangga tersebut digelar di basecamp Paguyuban Jamu Gendong, di Kecamatan Gondang, Senin (28/2). Mitro'atin turut hadir dalam acara deklarasi tersebut.

Perempuan yang juga Wakil Ketua DPRD Bojonegoro dan emak-emak Paguyuban Jamu Gendong juga menciptakan sebuah lagu berjudul 'Pak Airlangga Presiden'. Lagu tersebut sempat dinyanyikan bersama-sama dalam acara deklarasi.

Salah satu perwakilan Paguyuban Jamu Gendong Bojonegoro, Arum, mengatakan pandemi COVID-19 membuat usaha jamu gendong mengalami krisis. Namun, sebut dia, usaha jamu gendong bisa stabil kembali setelah adanya bantuan dari Airlangga. Arum pun berharap Airlangga tak kenal lelah untuk berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil.

"Dengan minum jamu diyakini banyak membantu warga meningkatkan imun saat pandemi COVID-19," ucap Arum.

(isa/zak)