ADVERTISEMENT

HUT Kostrad 2022 Diperingati 6 Maret, Ini Kilas Balik Sejarah Pembentukannya

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 04 Mar 2022 11:33 WIB
Divif 2 Kostrad TNI AD Lantik 500 Personel Raider Baru di Banyuwangi
HUT Kostrad 2022 Diperingati 6 Maret, Ini Kilas Balik Sejarah Pembentukannya -- Divif 2 Kostrad TNI AD Lantik 500 Personel Raider Baru di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta -

HUT Kostrad 2022 diperingati pada 6 Maret mendatang. Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) ini merupakan bagian dari TNI Angkatan Darat.

Diketahui pembentukan Kostrad tak lepas dari sejarah panjang perjuangan Indonesia saat berurusan dengan isu kemerdekaan Irian Barat pada 1960. Kostrad pun lahir hingga bertahan sampai saat ini.

Lalu bagaimana sejarah lengkap lahirnya Kostrad? detikcom merangkum informasinya sebagai berikut.

HUT Kostrad 2022: Awal Pembentukan

Tak lengkap rasanya jika merayakan HUT Kostrad 2022 tanpa menelisik kembali sejarah awal pembentukannya. Dilansir situs resmi Kostrad, ide pembentukan bermula pada 1960-an oleh Kasad Jenderal A.H Nasution.

Kala itu, A.H Nasution merasa perlu membentuk satuan militer yang siap tempur menjalankan tugas di seluruh tanah air. Dari situ dibentuklah Cadangan Umum AD melalui skep Kasad No. KPTS.1067/12/1960 pada 27 Desember 1960, dengan latar belakang masalah Irian Barat yang pada waktu itu masih menjadi sengketa dengan Belanda.

Usai diterbitkannya Skep Kasad, dibentuklah kelompok kerja yang diketuai oleh Deputi I Kasad Brigjen TNI Soeharto yang beranggotakan antara lain :

  1. Kolonel Ahmad Wiranata Kusuma dari Pamen Deputi I Kasad.
  2. Letkol Inf Slamet Sudibyo / Kpt Suryo Jatmiko dari Pama SUAD yang ditugaskan menyusun Orgas Personel CADUAD.
  3. Letkol Inf Muwardi dari Kodam VII / Diponegoro yang ditugaskan menyusun Orgas Ter.CADUAD.
  4. Letkol Inf Amir Mahmud dari Kodam VI Siliwangi yang ditugaskan menyusun Orgas Lat dan Ops.
  5. Letkol Inf Soegoro dari Pamen SUAD yang ditugaskan menyusun Orgas Log.
  6. Mayor Inf Joko Basuki dari Pamen SUAD yang ditugaskan menyusun Orgas Intelejen.

Pada 6 Maret 1961 Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD) diresmikan (cikal bakal Hari Lahir Kostrad). Saat itu Mayjen TNI Soeharto ditunjuk sebagai Panglima KORRA I CADUAD.

HUT Kostrad 2022: Tugas Trikora

Pada tanggal 19 Desember 1961 bertepatan dengan pelantikan para taruna AKMIL di Yogyakarta, Presiden Sukarno mencetuskan Trikora yang berisi :

  1. Gagalkan pembentukan negara papua di Irian Barat.
  2. Kibarkan bendera merah putih di Irian Barat
  3. Bersiap-siap untuk mengadakan mobilisasi umum.

KORRA I CADUAN mendapat kepercayaan melaksanakan tugas operasi Trikora untuk membebaskan Irian Barat dari Belanda. Dalam rangka menyiapkan perang terbuka, dilakukan infiltrasi di daerah Fak-fak, Misoi, Wagiu, Serui, sorong, Kaimani pada 19 Desember 1961.

Pada 1962, dibentuk Komando Mandala di wilayah timur Indonesia dengan markas besar di Ujung Pandang. Kala itu Panglima Mandala adalah Brigjen TNI Soeharto, dengan tugas tambahan sebagai DEPUTI I KASAD untuk wilayah timur.

Dalam operasi Trikora, juga dilibatkan AD, AL, AU Sukarelawan dan masa rakyat dengan sandi "OPERASI JAYAWIJAYA".

Pada pertengahan Agustus 1962 dilakukanlah serbuan umum melawan penjajah Belanda dengan sasaran wilayah Biak, Jayapura. KORRA 1/CADUAD menurunkan 1 Divisi di mana Belanda akhirnya menyerah tanpa syarat. Penyerahan Irian Barat ini ditandai pengibaran bendera merah putih pada 1 Maret 1963.

HUT Kostrad 2022 tak lepas dari sejarah panjang pembentukannya. Lahirnya Kostrad identik dengan mitos lahirnya Gatotkaca. Simak informasi selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT