ADVERTISEMENT

Puan Cek Harga dan Stok Tempe-Minyak Goreng di Jawa Timur

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 03 Mar 2022 12:20 WIB

Setelah mengecek pasokan tempe, Puan kemudian mendatangi Pabrik Wilmar Nabati Indonesia di Gresik, Jawa Timur. Di PT Wilmar, ia melihat proses produksi hingga pengepakan minyak goreng.

Diketahui, PT Wilmar Nabati Indonesia memasok maksimal 30 persen market minyak konsumsi di Indonesia. Produk dari PT Wilmar antara lain minyak goreng Fortune, Sania, dan Sovia.

Unit Business Head PT Wilmar Nabati Indonesia, Ridwan Brandes menjelaskan pihaknya telah menyiapkan pasokan yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi, kelangkaan di pasar karena masyarakat banyak memborong minyak goreng sejak kebijakan pemerintah menurunkan harga eceran tertinggi (HET) menjadi Rp 14 ribu/liter.

"Masyarakat berpikir mumpung murah makanya diborong. Maka demand meninggi dan hilang di pasaran," jelas Ridwan.

Soal ini, Puan menegaskan akan mendorong pemerintah untuk menelusuri dan menyelesaikan persoalan kelangkaan minyak goreng.

"Katanya ada panic buying, apakah karena itu? Sebab hanya saat-saat tertentu saja ada panic buying. Pemerintah harus meyakinkan masyarakat bahwa supply dan demand bisa dijaga sehingga nggak ada panic buying," kata Puan.

Dia pun berharap agar dalam waktu dekat masyarakat bisa memperoleh minyak goreng dengan harga normal. Kepada Pemerintah, Puan juga meminta untuk menggelar operasi pasar.

"Saya minta antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah berkoordinasi untuk menggelar operasi pasar. Antara Pemda dan Pemerintah pusat harus sinergi untuk mengatasi masalah minyak goreng ini," terangnya.

Puan juga mengimbau masyarakat agar tidak perlu panic buying. Dia pun mendorong agar aparat bisa menindak tegas pihak-pihak tak bertanggung jawab yang melakukan penimbunan minyak goreng.

"Masyarakat tidak perlu panic buying, karena produksi minyak goreng dari produsen normal, artinya stok sebenarnya aman. Dan percaya pada program penurunan harga minyak goreng dilakukan Pemerintah untuk jangka panjang," tukasnya.


(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT