Angelina Sondakh Jadi Astrada di Lapas, Filmnya Raih Penghargaan Internasional

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 03 Mar 2022 08:48 WIB
Angelina Sondakh bebas
Angelina Sondakh (Foto: Palevi/detikHOT)
Jakarta -

Angelina Sondakh aktif mengikuti sejumlah kegiatan pembinaan selama berada di lapas. Salah satunya menjadi asisten sutradara.

"Menjadi asisten sutradara dalam film 'HITAM PUTIH KELABU' produksi Rutan Pondok Bambu dan mendapat penghargaan internasional di Mumbai," ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti dalam keterangannya, Kamis (3/3/2022).

Selain itu, dia aktif menggambar desain mukena dan kerudung yang diproduksi Rutan. Tak hanya itu, ia kerap menjahit tas hingga membatik.

"(Angelina Sondakh) tergabung dalam kelompok tani di LPP Kelas II-A Jakarta. Aktif berkebun dan bertani tanaman hortikultura, apotek hidup, dan tanaman hias," lanjutnya.

Berikut sejumlah kegiatan yang diikuti Angelina Sondakh selama berada di lapas:

1) Kegiatan Kemandirian

a. Desain busana.
Menggambar beberapa desain mukena dan kerudung yang diproduksi Rutan Pondok bambu
b. Menjahit.
Menjahit tas-tas dan mukena yang diproduksi oleh Rutan Pondok Bambu.
c. Membatik.
Mengikuti beberapa pelatihan membatik yang diselenggarakan oleh Rutan Pondok Bambu.
d. Tergabung dalam Kelompok Tani, di LPP Kelas II-A Jakarta.
Aktif berkebun dan bertani tanaman hortikultura, apotek hidup, dan tanaman hias.
e. Tergabung dalam kelompok peternak di LPP Kelas II-A Jakarta.
Memelihara burung hias dan ayam hias.
f. Tergabung dalam Kelompok Konstruksi Pemula di LPP Kelas II-A Jakarta.
Membuat gazebo dan tempat duduk bambu.

2) Kegiatan Kepribadian

a. Kegiatan Kerohanian
1.Tergabung dalam kelompok One Day One Juz di LPP Kelas II-A Jakarta.
Kelompok yang rutin mengkhatamkan Al-Qur'an setiap bulan.
2.Tergabung dalam Kelompok Hafalan Al-Qur'an di LPP Kelas II-A Jakarta.
Kelompok yang menghafalkan Al-Qur'an.

b. Kegiatan Intelektual
Tergabung dalam Kelompok Perpustakaan Hijau di LPP Kelas II-A Jakarta. Kelompok yang mengumpulkan buku-buku bekas dan dipinjamkan kepada WBP.

c. Kegiatan Jasmani
Tergabung dalam klub tenis meja LPP Kelas II-A Jakarta dan mengikuti berbagai lomba tenis meja antarlapas perempuan. Terakhir memenangkan juara 1 lomba tenis meja double antarlapas perempuan (lapas perempuan Jakarta, Lapas Perempuan Tanggerang dan Lapas Anak Tanggerang)

d. Kegiatan Kesenian
- Melukis.
Pernah melukis bersama dengan IKJ di Rutan Pondok Bambu dalam satu kanvas.
- Tergabung dalam Klub Daur Ulang LPP Kelas II-A Jakarta. Menghasilkan karya-karya daur ulang dari botol plastik bekas dan karyanya di pamerkan dan bazar internal.
- Tergabung dalam grup nyanyi Volareta (Voice of Lapas Perempuan Jakarta) dan tampil dalam beberapa event yang diselenggarakan internal LPP Kelas II-A
Jakarta
- Aktif bermusik (bermain gitar dan cajon)
- Membaca puisi.
Ikut berpartisipasi dalam acara sendratari 'MERANGKAI ASA' membacakan puisi berjudul "DI PUING RERUNTUHAN"
-Melatih Kelompok Modeling LPP Kelas IIA JAKARTA

3. Kegiatan Sosial

a. Menjadi Asisten Sutradara dalam film "HITAM PUTIH KELABU" produksi Rutan Pondok Bambu dan mendapat penghargaan internasional di Mumbai.
b. Tergabung dalam Sapu Jagad.
Sapu Jagad adalah Kelompok Kebersihan (cleaning service) LPP Kelas II-A Jakarta yang bertugas untuk membersihkan (sapu dan pel) area blok hunian.

Wanita yang akrab disapa Angie itu kini menjalani cuti menjelang bebas (CMB). Sementara itu, masa reintegrasi sosial Angelina Sondakh berakhir pada 1 Juni 2022.

Selama menjalani masa reintegrasi sosial, Angelina Sondakh akan menghuni Apartemen Belezza Albergo, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"CMB mulai dilaksanakan tanggal 3 Maret 2022 dari Lapas Perempuan Kelas II-A Jakarta," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun.

"Telah disusun rencana bimbingan serta melakukan asesmen kebutuhan bagi yang bersangkutan dalam rangka pembimbingan lapor diri klien dilaksanakan 2 minggu sekali dengan fix methods, yaitu virtual dan tatap muka," jelas Ibnu.

Diberitakan sebelumnya, Angelina Sondakh menjalani pidana di Lapas Perempuan Jakarta terhitung mulai 27 April 2012. Dia dihukum penjara dalam kasus anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau dikenal dengan kasus Wisma Atlet.

Angelina Sondakh dihukum penjara 10 tahun, denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, dan uang pengganti Rp 2,5 miliar dan USD 1,2 juta subsider 4 bulan 5 hari.

Uang denda Rp 500 juta telah dibayar lunas oleh Angie, sementara dari hukuman uang pengganti itu, Angie telah membayar Rp 8.815.972.722, sisa Rp 4.538.027.278 yang akan diganti dengan hukuman kurungan 4 bulan 5 hari.

Simak Video 'Angelina Sondakh Berurai Air Mata Saat Minta Maaf ke Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/imk)