Dibangun 2018, Menara Masjid Agung di Tasik Ambruk-Nyaris Timpa Pedagang

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 01 Mar 2022 09:23 WIB
Menara Masjid Agung Baiturrahman Tasikmalaya.
Menara Masjid Agung Baiturrahman Tasikmalaya. (Deden Rahadian/detikJabar)
Jakarta - Menara Masjid Agung Baiturrahman yang berlokasi di kompleks Pemda Kabupaten Tasikmalaya ambruk. Kejadian tiba-tiba ini nyaris mencelakakan seorang pedagang kaki lima.

"Saya belum tahu pasti penyebabnya ambruk itu menara. Tapi memang ada angin sedikit tadi. Kerugiannya masih dihitung. Kami dan anggota fokus bantu pedagang dan warga yang panik. Prioritas nyawa manusia." kata Kasi Tibum dan Kerja Sama Pol PP Kabupaten Tasikmalaya M. Nizam Mulyana, dilansir dari detikJabar, Selasa (1/3/2022).

Peristiwa ambruknya menara masjid terjadi pada Senin (28/2) pukul 15.15 WIB. Meskipun tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tenda, gerobak, dan meja pedagang hancur tertimpa menara.

"Suami saya mau salat ashar, saya makan, tiba tiba, brak, jatuh puing menara. Saya kaget langsung lari. Langsung aja disusul ambruk menaranya. Alhamdulillah saya selamat. Hanya tenda, meja, dan gerobak rusak," kata saksi mata yang juga pedagang di lokasi kejadian, Ela Nurlela.

Belum bisa dihitung berapa nilai kerugian atas kejadian ini. Namun kerusakan menara yang memiliki tinggi sekitar 50 meter ini dikategorikan rusak berat.

Bangunan menara ini dibangun hampir bersamaan dengan pembangunan mesjid, yakni pada 2018 lalu. Belum berusia lebih dari 5 tahun, salah satu menaranya sudah ambruk. Proses pembangunannya menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kabupaten Tasikmalaya 2018 sebesar Rp 30 miliar.

Selengkapnya simak di sini.

Simak juga 'Saat Menara Masjid di Bekasi yang Roboh Timpa Rumah Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/aud)