Jembatan Glendeng Tuban Rusak Lagi Usai Perbaikan Habiskan Anggaran Rp 6 M

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Mar 2022 08:50 WIB
jembatan glendeng tuban
Jembatan Glendeng (Ainur Rofiq/detikcom)
Jakarta -

Jembatan Glendeng yang merupakan jalur penghubung Tuban-Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) rusak lagi. Padahal, jembatan itu sudah diperbaiki selama 1 tahun dengan total biaya perbaikan mencapai Rp 6 miliar pada 2021.

Dilansir dari detikJatim, Selasa (1/3/2022), Jembatan Glendeng mengalami kerusakan di titik yang sama, yakni tanah sisi utara jembatan mengalami penurunan dan longsor usai air sungai surut. Kemudian, fondasi dan tembok penahan tanah yang ada di sisi kanan dan kiri jembatan juga retak karena penurunan tanah.

Salah satu warga, Lila (40), mengeluhkan kerusakan Jembatan Glendeng karena membuatnya harus berputar agak jauh untuk menuju tokonya. Lila mengaku miris melihat Jembatan Glendeng rusak lagi padahal baru 2 bulan diperbaiki.

"Ya Allah kok retak lan rusak maneh. Padahal lagi wae toko iso rodo ono sing tuku iki. Saiki kok ditutup maneh Ya Allah kok retak dan rusak lagi. Padahal baru saja toko ada pembelinya, Sekarang kok ditutup lagi (jembatannya)," keluh Lila.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Tuban Agung Supriyadi menjelaskan rincian dari perbaikan Jembatan Glendeng yang mencapai Rp 6 miliar itu. Pada tahun 2021, perbaikan jembatan menelan anggaran sekitar Rp 4 miliar dan perbaikan tembok penahan tanah mencapai Rp 2 miliar. Semua dana perbaikan diserap dari anggaran APBD Pemkab Tuban.

"Jadi kemarin itu untuk jembatannya itu Rp 4 miliar dari APBD induk, terus pendukung kanan kirinya TPT itu Rp 2 miliaran, diambilkan dari P-APBD. Jadi total Rp 6 miliar. Untuk kerusakan saat ini masih tanggung jawab pemborongnya. Kita belum bayar itu mas," terang Agung.

Baca selengkapnya di sini.

Simak juga 'Saat Jembatan di Cianjur Putus Diterjang Luapan Arus':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/aud)