ADVERTISEMENT

7.000 Penumpang Kereta Tinggalkan Jakarta di Libur Isra Mikraj

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 28 Feb 2022 17:52 WIB
(dok. Humas KAI)
Foto: dok. Humas KAI
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 7.000 penumpangnya telah meninggalkan Jakarta di hari libur Isra Mikraj. Menurut KAI, arus keberangkatan dengan jumlah tersebut terbilang normal.

"Momen libur nasional Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW pada hari ini, Senin (28/2) terpantau normal untuk keberangkatan penumpang kereta api (KA) dari Daop 1 Jakarta ke berbagai tujuan," kata Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Senin (28/2/2022).

Eva menyebut keberangkatan 7.000 penumpang itu dihitung dari dua stasiun, yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Tercatat ada 3.200 penumpang dari Stasiun Gambir dan 3.800 penumpang di Stasiun Pasar Senen.

"Untuk hari ini keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir tercatat sekitar 3.200 penumpang atau 34% untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 26 KA (kereta api), sedangkan dari Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 3.800 penumpang atau 33% untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 20 KA," kata Eva.

Selanjutnya, Eva mengatakan bahwa untuk arus penumpang kereta api di hari Sabtu (26/2) dan Minggu (27/2) juga terpantau normal. Keterisian kereta rata-rata sekitar 25-35 persen.

"Sehingga masih terdapat ketersediaan TD (tempat duduk) bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan KA Jarak Jauh ke berbagai tujuan," ujarnya.

Lebih lanjut, Eva menyebut kini Stasiun Cikarang juga melayani KA Jarak Jauh (KAJJ). Saat ini terdapat 5 KAJJ yang berhenti di Stasiun Cikarang untuk melayani naik-turun penumpang. Di antaranya:

- KA Gumarang relasi Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi
- KA Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung
- KA Brantas relasi PasarSenen - Blitar
- KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen - Surabaya Gubeng
- KA Sembrani relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang yang akan menggunakan layanan KAJJ untuk memperhatikan kembali ketentuan dan persyaratan naik KA di masa pandemi," katanya.

Lihat juga video 'Libur Isra Miraj, Tol Cipali Ramai Lancar Walau Ada Perbaikan':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT