ADVERTISEMENT

Daerah PPKM Level 3 dan 4 Meningkat, Ini Penyebabnya

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 27 Feb 2022 18:09 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada peningkatan jumlah kabupaten/kota yang akan menerapkan PPKM level 3 dan 4. Meski begitu, kenaikan ini diperkirakan akan terjadi sementara.

"Mulai minggu depan pemerintah akan secara efektif memberlakukan vaksinasi dosis kedua untuk melakukan level asesmen tiap daerah. Hal ini menjadi salah satu penyebab peningkatan kabupaten kota yang masuk ke level 3 dan 4," ujar Luhut saat konpers, Minggu (27/2/2022).

Meski begitu, Luhut mengatakan peningkatan kasus ini terjadi sementara. Terkait daerah mana saja yang akan menerapkan PPKM level 3, rinciannya akan tertuang di Inmendagri yang akan keluar pada Senin (28/2) besok.

"Namun tren peningkatan ini kami perkirakan akan berbalik menurun mulai minggu depan. Terkait asesmen level terbaru, dapat dilihat pada Inmendagri yang keluar pada 28 Februari besok hari," jelasnya.

Luhut menjelaskan dalam menentukan asesmen level suatu daerah itu dilihat dari sebaran vaksinasi dosis kedua. Saat ini, kata dia, beberapa daerah sudah banyak yang melakukan vaksin dosis kedua.

"Pada vaksinasi dosis kedua untuk menentukan asesmen level mingguan tiap daerah telah berhasil mendorong percepatan dosis vaksinasi kedua umum, dan lansia di Jawa. Dari sebelumnya 21 kabupaten kota yang tidak memiliki syarat dosis kedua umum, menjadi hanya tersisa 7 kabupaten kota. Selain itu untuk dosis kedua lansia sebelumnya 26 kabupaten kota, saat ini hanya tersisa 10 kabupaten kota," jelasnya.

Dia menegaskan saat ini pemerintah terus berusaha agar Indonesia bisa melalui pandemi Corona. Salah satu caranya dengan mendorong percepatan vaksinasi.

(zap/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT