Gerombolan Monyet di Bogor Datangi Permukiman Warga, Diduga Kehabisan Makanan

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 13:01 WIB
Monyet datangi permukiman warga di Bogor (dok. Istimewa)
Foto: Monyet datangi permukiman warga di Bogor (dok. Istimewa)
Bogor -

Gerombolan monyet mendatangi permukiman warga di Desa Cibadak, Ciampea, Kabupaten Bogor. Monyet tersebut diduga datang ke permukiman warga karena kehabisan makanan.

"Kalau perkiraan kita sih karena memang kondisi cuaca dan kelihatannya mereka kehabisan makanan di atas. Itu yang membuat mereka cari makan ke bawah," kata Camat Ciampea Yudi Santosa saat dimintai konfirmasi, Kamis (24/2/2022).

Yudi mengatakan gerombolan monyet tidak mengganggu warga. Dia menyebut monyet-monyet itu hanya mengambil makanan di area permukiman warga.

"Kalau ngeganggu mah nggak, tapi mereka cari makanan ke bawah. Ketika mereka menemukan makanan, dipastikan mereka mengambil makanan itu," ujarnya.

Yudi mengaku belum tahu jumlah detail monyet yang datang ke permukiman warga. Dia mengatakan akan mengecek kawasan hutan yang menjadi habitat monyet.

"Saya belum sempat dapat informasi berapa jumlah tepatnya. Saya rencana di hari Minggu atau Senin mungkin mau ngecek ke atas, ingin tahu kondisinya dengan teman-teman LMDH," ucapnya.

Dia mengatakan jarak antara permukiman warga dan habitat monyet sekitar 400-500 meter.

"Dekat, kalau habitat monyet itu mungkin hanya sekitar 400-500 meter (ke pemukiman), tapi naik ke atas gitu," pungkasnya.

Lihat juga video 'Turis Bali Hilang Bikin Kawanan Monyet Kelaparan-Serbu Rumah Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)