Ucapan Maaf Gus Miftah Buntut 'Wayang Berpeci' Bikin Kegaduhan

ADVERTISEMENT

Ucapan Maaf Gus Miftah Buntut 'Wayang Berpeci' Bikin Kegaduhan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 05:51 WIB
Gus Miftah, pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta
Gus Miftah (Foto: Wahyudi 20detik)
Jakarta -

Gus Miftah meminta maaf karena membuat gaduh atas aksi dalang menghajar 'wayang berpeci'. Pentas wayang itu digelar di Ponpes Ora Aji milik Gus Miftah.

Dirangkum detikcom, Rabu (23/2/2022), pertunjukan wayang menuai polemik itu digelar pada Jumat (18/2) malam. Pagelaran wayang itu dihadiri oleh sejumlah dalang dari Solo dan Yogya dan diinisiasi oleh dalang kenamaan Ki Warseno Slenk asal Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pagelaran wayang tersebut awalnya viral lewat potongan video berdurasi 1,15 detik. Dalam video tampak sebuah wayang berpeci yang diduga mirip Ustaz Khalid Basalamah dihajar oleh wayang Baladewa yang sedang marah.

Dalam marahnya, tokoh Baladewa terus menyampaikan kegeramannya pada orang yang asal omong soal keberadaan wayang. Tak berhenti di situ, wayang berpeci tersebut tak hanya dihajar oleh Baladewa.

Di akhir potongan video yang viral, dalang juga berdiri lalu membanting-banting wayang tersebut sambil mengucap kata kasar. Setelah dibanting-banting, wayang itu diserahkan kepada orang lain dengan ucapan, "Diremuk! Diremuk!" sambil menyebut nama-nama orang yang diminta merusak wayang tersebut.

Wayang tersebut berputar dari tangan ke tangan. Ada yang membanting, ada yang menonjok.

Gus Miftah Minta Maaf

Buntut pentas wayang itu, kritik pun mengalir deras. Tak mau berlarut-larut dengan polemik terkait pentas wayang di ponpesnya, Gus Miftah akhirnya meminta maaf atas kegaduhan yang ditimbulkan.

Permintaan maaf Gus Miftah diunggah dalam Instagram pribadinya @gusmiftuh, Rabu (23/2). Awalnya, Gus Miftah menyinggung soal otoritas dalang dalam pagelaran wayang yang tidak bisa diintervensi atas lakon yang dibawakannya.

"Wawancara dalang Ki Warseno Slank dengan TV One, dalang dengan segala otoritasnya tidak bisa diintervensi atas lakon yang dibawakannya, dalang independen dengan lakon yang dibawakannya," tulis Gus Miftah.

"Tapi kan pentasnya di pondoknya Miftah... yang salah ya Miftah!!!," tambahnya.

Simak video 'Pembelaan Kala Pentas Wayang di Ponpes Gus Miftah Dikritik':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT