ADVERTISEMENT

Surat Brigjen Tumilaar: Mohon Ampun, Saya Salah Bela Warga Bojong Koneng

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 14:04 WIB
Inspektur Kodam (Irdam) XIII Merdeka, Sulawesi Utara
Brigjen TNI Junior Tumilaar (Foto: Screenshot 20detik)

Terkait keluhan penyakit yang dialami Brigjen Tumilaar, Brigjen Tatang mengatakan hal tersebut harus terbukti lewat pemeriksaan kesehatan yang ditunjuk pengadilan militer.

"Terkait adanya surat permohonan pengampunan dari Brigjen TNI JT kepada KSAD dengan alasan bahwa yang bersangkutan menderita sakit asam lambung (GERD) dan tekanan darah tinggi serta alasan yang bersangkutan pada 3 April 2022 akan pensiun. Mengenai hal tersebut, harus dibuktikan dulu melalui pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk oleh Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta tentang layak atau tidaknya Brigjen TNI JT untuk diperiksa di Pengadilan Militer," ujar Tatang.

Pelanggaran Brigjen Tumilaar

Brigjen Junior Tumilaar saat ini sedang menjalani penahanan sementara di RTM Cimanggis, Depok. Penahanan dilakukan atas dasar hasil penyidikan soal dugaan Brigjen Junior Tumilaar melakukan tindak pidana penyalahgunaan wewenang dan ketidaktaatan yang disengaja. Tindak pidana yang dimaksud itu diatur dan diancam pidana menurut Pasal 126 KUHPM dan Pasal 103 ayat (1) KUHPM.


(imk/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT