Adu Perspektif: Siapa Puas dengan Jokowi?

detikTV - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 06:33 WIB
Jakarta - Indikator Politik dan Litbang Kompas merilis survei terbaru kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin. Kedua lembaga survei kompak menyebut tingkat kepuasan publik terhadap kinerja presiden di atas 70 persen.

Survei yang digelar Litbang Kompas dan Indikator Politik dilakukan dari bulan Januari hingga Februari. Survei yang dilakukan Litbang Kompas dengan wawancara tatap muka dan melibatkan 1.200 orang responden, yang dipilih secara acara dari 34 Provinsi di Indonesia. Sedangkan survei Indikator Politik dilakukan secara daring kepada 626 responden secara acak.

Hasil survei tingkat kepuasan kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin memperoleh angka di atas 70%, survei ini menjadi angka tertinggi sejak awal periode Jokowi menjabat presiden. Selain itu tingkat kepuasan kinerja, juga diikuti tren perbaikan indeks demokrasi yang ditunjuk dari Economic Intelligence Unit.

Meski begitu puasnya rakyat dari hasil survei kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin, belakangan juga menuai beragam pendapat. Terlebih di tengah pro dan kontra kebijakan yang muncul belakangan ini. Bagi sebagian elite politik menilai survei ini menujukan kepuasan masyarakat atas kepiawaian Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin dalam mengendalikan kinerja ekonomi dan politik.

Kondisi ini menimbulkan banyak tanya di tengah langka minyak goreng, tahu tempel yang bakal langka hingga muncul kebijakan para pembantu Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin yang membuat jidat merenggut. Lalu Apakah ini menggambarkan kualitas demokrasi yang sebenarnya? Benarkah publik semakin suka dengan Jokowi? Nah Adu Perspektif kali ini menguji dalam ruang diskusi terbuka bersama Rocky Gerung Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D), Nusron Wahid (Politikus Partai Golkar), Panda Nababan (Politikus Senior PDI Perjuangan) dan Haris Azhar (Direktur Eksekutif Lokataru) secara langsung hari Rabu 23 Februari 2022 jam 20.00 WIB. (ed/ids)