ADVERTISEMENT

Gajah Liar di Aceh Ditemukan Mati, Diduga Gegara Berkelahi

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 12:34 WIB
Ilustrasi gajah
Ilustrasi (Foto: dok. iStock)
Aceh Utara -

Seekor gajah jantan liar ditemukan mati membusuk di kawasan hutan produksi di Nisam Antara, Aceh Utara. Gajah itu diduga mati akibat berkelahi dengan sesama.

"Pada bangkai gajah liar tersebut ditemukan adanya bekas luka tusukan gading di bagian dada, dekat mata, perut, dan pangkal paha kanan yang diduga akibat perkelahian sesama gajah liar," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Agus menjelaskan bangkai gajah itu ditemukan masyarakat pada Minggu (20/2) sore. Sehari berselang, petugas gabungan BKSDA dan polisi bergerak ke lokasi yang terletak di sekitar wilayah Pucuk Krueng Pase Lintas KKA-Jabal Antara Km 33, Kecamatan Nisam Antara.

Tim gabungan melakukan olah tempat kejadian perkara serta melakukan nekropsi. Hasilnya, satwa dilindungi itu diperkirakan mati sekitar enam hari lalu.

Gajah jantan itu diperkirakan berusia 10-12 tahun. Petugas juga menemukan sepasang gading masih utuh dengan panjang 66 sentimeter.

"Sedangkan dari hasil olah TKP, di sekitar lokasi kejadian tidak ditemukan adanya benda-benda atau hal-hal yang mencurigakan," jelas Agus.

Agus menyebutkan, lokasi temuan bangkai gajah itu berada di kawasan hutan produksi yang merupakan habitat gajah. Untuk menyelidiki penyebab kematian, petugas bakal membawa beberapa sampel gajah untuk dilakukan uji laboratorium.

"Berdasarkan hasil nekropsi yang dilakukan secara makroskopis, dugaan sementara kematian gajah liar tersebut disebabkan kejadian alami, yakni perkelahian sesama gajah jantan," ujar Agus.

(agse/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT