Pemprov Sumut Jamin Minyak Goreng Tersedia, Warga Tak Perlu Panik

ADVERTISEMENT

Pemprov Sumut Jamin Minyak Goreng Tersedia, Warga Tak Perlu Panik

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 09:49 WIB
Pemprov Sumut memastikan ketersediaan minyak goreng
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Aspan Sopian (Foto: Ahmad Arfah Fansuri)
Medan -

Pemprov Sumut menyebut stok minyak goreng masih tersedia untuk wilayah Sumut. Untuk itu warga diminta untuk tidak panic buyying dengan memborong minyak yang dijual di pasar.

"Kita imbau kepada masyarakat kita supaya tidak panic buyying. Karena secara kuantitatif jumlah minyak goreng itu masih mencukupi di Sumatera Utara," Kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, Aspan Sopian, Rabu (23/2/2022).

Aspan mengatakan permasalahan yang terjadi saat ini adalah isu soal keterbatasan minyak goreng. Hal ini lah yang membuat masyarakat memborong minyak goreng di pasar.

"Jadi harapan kita, kita secara bersama-sama kepada masyarakat kita bahwa minyak goreng ini tersedia. Ini akan terus didistribusikan oleh para produsen dan suppliernya akan sampai ke masyarakat," ujarnya

Aspan menyebut produksi minyak goreng di Sumut masih melampaui kebutuhan masyarakat. Bahkan, kata Aspan, minyak goreng asal Sumut masih di ekspor ke daerah lain.

"Rata-rata kebutuhan Sumatera Utara itu sekitar 45.500 juta liter per tahun, dan Insya Allah itu tercukupi. Produsen kita bahkan masih mampu untuk ekspor," tuturnya.

Aspan mengatakan pihaknya juga sudah melakukan operasi pasar untuk mencegah kekosongan minyak goreng akibat adanya warga yang membeli dengan jumlah yang banyak. Operasi pasar juga akan kembali dilakukan pada bulan Maret nanti di seluruh wilayah Sumut.

"Langkah terakhir yang sudah kita laksanakan bahwa kemarin kita melakukan pertemuan dengan beberapa produsen, dan Insya Allah nanti mulai tanggal 1 sampai 5 Maret mereka juga akan melakukan operasi minyak goreng di setiap kabupaten kota di Sumatera Utara," jelasnya.

Lihat juga video 'Penampakan 9.600 Liter Minyak Goreng yang Ditimbun di Rumah Pasutri di Serang':

[Gambas:Video 20detik]



(afb/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT