ADVERTISEMENT

KSP Ungkap Alasan Jokowi Pilih Kepala Otorita IKN dari Non Partai

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 06:08 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah memiliki nama calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara dari non partai. Kantor Staf Presiden (KSP) mengungkap alasan Jokowi ingin calon Kepala Otorita dari profesional non partai.

"Sebetulnya kalau dari perspektif pengelolaan kota modern seperti IKN memang yang diharapkan jadi pertimbangan utama adalah profesionalisme dalam mengeksekusi berbagai kebijakan. Bagaimanapun tantangan membangun kota yang ideal seperti IKN kan memang tidak mudah ya," kata Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong saat dihubungi, Jumat (22/2/2022).

Wandy mengatakan konsep pembangunan IKN ini akan menantang karena menggabungkan semua yang terbaik dari kota modern. Dia mengatakan Jokowi butuh sosok yang memiliki kemampuan manajemen dan komunikasi yang baik.

"Karena konsepnya menggabungkan aspek smart, green, sustainable sekaligus beautiful. Artinya semua yang terbaik dari kota-kota modern hendak diterapkan. Ini pasti menantang. Butuh managerial skill dan communication skill serta kemampuan untuk menyerap berbagai perspektif," ucapnya.

Dia menyebut pertimbangan itu yang membuat Jokowi memilih calon pimpinan IKN dari non partai. Menurutnya, profesionalisme menjadi hal yang didahulukan.

"Jadi memang harus profesional. Tapi tidak berarti bahwa mereka yang dari parpol tidak profesional. Kan sekarang makin banyak kaum profesional yang juga berafiliasi pada partai tertentu. Hanya saja, prinsipnya profesionalismenya yang didahulukan," ujarnya.

Simak selengkapnya penjelasan Jokowi di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT