Kepuasan Kinerja Jokowi Melonjak, Golkar Harap Konsisten hingga 2024

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 22 Feb 2022 07:50 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Maruf Amin memimpin rapat kabinet terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Dalam rapat tersebut membahas penyampaian progam dan kegiatan di bidang perekonomian.
Jokowi-Ma'ruf Amin (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang meningkat mencapai 73,9 persen menurut survei Litbang Kompas. Golkar menilai hal itu prestasi yang tidak mudah di tengah pandemi.

"Saya kira Pemerintahan Jokowi telah menunjukkan kinerja yang sangat dirasakan memuaskan masyarakat. Sekalipun di tengah masih pandemi COVID-19, berbagai capaian kinerja terutama dalam pengendalian COVID-19," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Senin (21/2/2022).

"Tidak mudah bagi Pemerintahan Jokowi di tengah pandemi ini mendapatkan kepercayaan publik yang tinggi seperti ini. Dengan kerja keras Pemerintahan Jokowi, pengendalian COVID-19 berjalan dengan baik bahkan dinilai sebagai empat negara yang paling berhasil menangani pandemi serta dampak ekonomi dan sosial yang ditimbulkannya," lanjut Ace.

Ace menilai kinerja Jokowi terlihat di beberapa aspek terutama ekonomi yang saat ini justru mampu keluar dari resesi. Dia menilai hal ini tidak lepas dari kebijakan pemulihan di bawah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Dari aspek ekonomi, misalnya, kita merupakan negara yang termasuk paling cepat keluar dari resesi. Pertumbuhan ekonomi kita pada tahun lalu mencapai 3,7%. Hal ini tidak lepas dari kebijakan pemulihan ekonomi Nasional (PEN) yang dinilai tepat di bawah koordinasi Ketua KCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), Pak Airlangga Hartarto atas arahan Presiden Jokowi," ucapnya.

Begitu juga dengan aspek sosial terutama bantuan kepada masyarakat terdampak di tengah pandemi. Ace menilai hal-hal itu yang menjadikan publik puas dengan kinerja Jokowi.

"Selain itu, berbagai kebijakan bantuan sosial untuk menjadi social safety net terus diberikan kepada rakyat berpenghasilan rendah dan yang berpotensi terkena dampak ekonomi akibat pandemi seperti PKH, BPNT, Bantuan Sosial Tunai, dan berbagai insentif lainnya," ujarnya.

"Berbagai kebijakan pembangunan infrastruktur terus dilakukan Pemerintahan Jokowi menjadikan publik melihat kinerja Presiden Jokowi semakin positif sekalipun pandemi sekarang ini," imbuh Ace.

Lebih lanjut, Ace mewanti-wanti agar kepuasan yang meningkat itu tetap membuat Jokowi mawas diri. Dia berharap Jokowi terus konsisten mempertahankan capaian tersebut hingga akhir masa kerja di 2024.

"Tentu agenda dua tahun ke depan yang paling penting adalah konsisten menjaga kecenderungan positif ini dengan kebijakan yang tetap menyeimbangkan antara rem dan gas, memprioritaskan penanganan kesehatan dan terus menggenjot pemulihan ekonomi dengan mendorong iklim ekonomi yang dapat menciptakan trickle down effect bagi masyarakat," ucapnya.

Simak survei Litbang Kompas di halaman berikut

Simak juga Video: Pengamat Nilai Elektabilitas Anies Turun Usai Tak Jadi Gubernur

[Gambas:Video 20detik]