Melesat Survei Kepuasan Jokowi Tuai Beragam Pendapat

ADVERTISEMENT

Melesat Survei Kepuasan Jokowi Tuai Beragam Pendapat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Feb 2022 06:00 WIB
Presiden Jokowi didampingi Wapres Maruf Amin menggelar rapat terbatas membahas soal pemindahan Ibu Kota baru.
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melonjak menjadi 73,9%. Partai koalisi dan oposisi memberikan pendapat terkait tingkat kepuasan publik ke pemerintahan Jokowi melonjak.

Survei Litbang Kompas digelar pada 17-30 Januari 2022 melalui wawancara tatap muka. Survei melibatkan 1.200 orang responden yang dipilih secara acak dengan pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di Indonesia.

Tingkat kepercayaan survei ini 95% dengan margin of error plus minus 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Litbang Kompas menyatakan kesalahan di luar pemilahan sampel dimungkinkan terjadi.

Berdasarkan hasil survei yang dilihat Senin (21/2), tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah meningkat dibanding Oktober 2021. Pada Oktober 2021, tingkat kepuasan publik berada pada angka 66,4 persen.

Sementara pada Januari 2022, tingkat kepuasan publik berada di angka 73,9 persen. Jumlah responden yang tidak puas juga turun dari 33,6 persen pada Oktober 2021 menjadi 26,1 persen pada Januari 2022.

Litbang Kompas juga menampilkan tingkat kepuasan dari pemilih dan bukan pemilih Jokowi-Ma'ruf. Kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf di antara pemilih dan bukan pemilihnya:

Pemilih Jokowi-Ma'ruf: 87%
Bukan pemilih Jokowi-Ma'ruf: 54,3%

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.)

Modal Penting Pindah IKN

PDI Perjuangan (PDIP) bangga dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin yang tingkat kepuasan publiknya melonjak. PDIP menganggap penting tingkat kepuasan terhadap Jokowi tinggi untuk agenda pemerintahan.

"PDI Perjuangan memberikan apresiasi dan sekaligus rasa bangganya atas pencapaian kinerja Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi-KH Ma'ruf Amin," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Senin (21/2).

Survei Litbang Kompas menunjukkan tingkat kepuasan pada pemerintahan Jokowi sebesar 73,9%. Hasil survei itu, menurut Hasto, modal penting bagi pemerintah Jokowi-Ma'ruf untuk pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru hingga presidensi G-20.

"Bagi PDI Perjuangan, tingginya tingkat kepuasan yang tinggi di segala bidang menjadi modal sosial penting yang memperkokoh legitimasi kepemimpinan Presiden Jokowi untuk dapat menjalankan program strategisnya dengan kecepatan tinggi seperti mengatasi pandemi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mendorong kemajuan bangsa, dan juga upayanya untuk memindahkan ibukota negara ke Kalimantan, serta memastikan keberhasilan Indonesia di dalam presidensi G-20 dan Pemilu tahun 2024 yang akan datang," ujarnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat juga Video: Survei Indikator Politik: Tren Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT