Anies Ingin Jakarta Zero Waste: Tapi Tak Mungkin Bila Kerja Sendiri

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 21 Feb 2022 11:18 WIB
Anies Baswedan berkunjung ke KAHMI Jatim untuk bersilaturahmi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada 7.800 ton sampah di Jakarta di setiap hari. Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 ini, Anies menyampaikan impian ingin Jakarta jadi kota zero waste atau bebas sampah.

"Di Jakarta setiap hari ada sekitar 7.800 ton sampah tiap hari dan ini kemudian dikelola dengan proses yang kita semua sudah ketahui circular-nya, karena itu kita berharap sekali Jakarta nantinya bisa menjadi kota di mana sampah residu dikelola bersama dengan baik," kata Anies dalam sambutannya yang disiarkan di kanal Youtube Dinas Lingkungan Hidup DKI, Senin (21/2/2022).

Anies menerangkan, untuk menjadi kota zero waste, tentu tidak bisa dikerjakan sendiri. "Kalau kita perhatikan, kita ingin menjadi kota yang zero waste. Tapi ini tidak mungkin terjadi bila hanya dikerjakan sendiri," imbuh dia.

Menurut Anies, perlu kolaborasi bersama masyarakat dan stakeholders terkait untuk sama-sama membangun kesadaran dan pembiasaan baru. Dia pun berterima kasih kepada aktivis dan lembaga terkait lingkungan yang telah mengampanyekan soal pembiasaan baru.

"Kita harus kerjakan ini sebagai sebuah proses bersama-sama, karena itu kami sampaikan terima kasih kepada teman-teman aktivis kepada lembaga-lembaga yang terlibat untuk ikut membangun tentang kesadaran dan pembiasaan baru," ungkapnya.

Anies mengatakan pengelolaan sampah bisa dimulai di rumah masing-masing dengan memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Anies berharap ini bisa dilakukan secara terus-menerus.

"Bagaimana dilakukan pemilahan sampah sejak dari rumah, pengangkutan sampah sesuai dengan jenis dan harapannya ini terus-menerus dibangun," tuturnya.

Lebih lanjut, Anies menyebut saat ini pihaknya mulai membangun fasilitas pengolahan sampah baru dengan metode refuse derived fuel (RDF) plant di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi. Anies menyebut TPST Bantargebang itu kini sudah mengelola 100 ton sampah per harinya.

"Adapun di sini di Bantargebang, TPST ini bukan lagi sebagai tempat untuk menampung sampah, tapi sekarang sudah mulai bergerak menjadi tempat untuk mengolah sampah. Kolaborasi dengan BRIN untuk mewujudkan sebuah pusat listrik tenaga sampah sebuah fasilitas karya anak bangsa yang alhamdulillah sudah berjalan dan mengelola 100 ton sampah per hari, ini adalah sebuah terobosan yang amat baik," ungkapnya

Simak video 'Peringati Hari Peduli Sampah, Anies Ingin Jakarta Jadi Kota Ramah Lingkungan':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/aud)