KKB Tembaki Personel TNI-Polri Saat Evakuasi Warga di Bandara Aminggaru

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 21 Feb 2022 08:54 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Ilustrasi penembakan (Foto: AFP)
Jakarta -

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan teror di Kabupaten Puncak, Papua. KKB menembaki personel TNI-Polri dan pembakaran kawasan pemukiman di Distrik Omukia dan Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak Papua.

Kasatgas Humas Cartenz 2022 Kombes Musthopa Kamal menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Minggu (20/2/2022) sekitar pada pukul 07.00 WIT. Saat itu, personel gabungan dari TNI-Polri sedang dalam perjalanan melakukan evakuasi terhadap korban penembakan dari Puskesmas menuju Bandara Aminggaru di Distrik Omukia, Puncak, dengan menggunakan kendaraan roda empat.

"Setibanya di bandara, personel gabungan TNI-Polri ditembaki oleh KKB dari atas bukit dan personel langsung membalas tembakan yang dilakukan oleh KKB tersebut," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/2/2022).

Kamal mengatakan sekitar pukul 09.20 WIT, KKB gabungan yang merupakan kelompok NT, KM, LW, TK dan TT ini kembali melakukan pembakaran dua unit rumah atau honai milik masyarakat di kampung Nipuraleme, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Lalu, personel gabungan TNI-Polri merespons kejadian pembakaran rumah itu.

"Saat personel mendekati lokasi mendapatkan gangguan tembakan dan terjadi kontak tembak antara personel gabungan dengan kelompok KKB yang berlangsung dari pukul 09.30 WIT hingga pukul 12.20 WIT," ucapnya.

Dia menyebut saat itu personel gabungan Satgas Damai Cartenz, Polres, Polsek dan Koramil masih bertahan di areal tower mengevakuasi masyarakat yang berada di sekitar SD dan SMP Kago. Sekitar pukul 12.40 WIT, personil TNI-Polri terlibat kontak tembak dengan KKB di areal Bandara Aminggaru.

"Pukul 12,45 WIT, terjadi penembakan yang mengarah ke Kantor Koramil yang dilakukan oleh kelompok KKB dari posisi Jalan Pinggil. Setelah itu personil gabungan langsung bergerak mengambil langkah, yaitu mengamankan Bandara Aminggaru, mengevakuasi masyarakat yang berada di pinggiran Kota Kago, masuk ke dalam kota guna mengantisipasi penembakan dan pembakaran oleh KKB. Dan pukul 13.40 WIT diperoleh informasi, bahwa Personil TNI-Polri sudah menguasai kawasan sekitar Tower BTS Telkomsel, dan KKB mundur ke arah Kampung Eromaga," ujarnya.

Kamal menjelaskan pukul 15.14 WIT, tim gabungan melihat adanya asap naik yang diikuti kobaran api di kawasan perumahan SMK Negeri Gome. Tampak 1 unit rumah terbakar dan saat dilakukan teropong, terlihat dua orang warga yang diduga KKB yang salah satunya memegang senjata laras panjang.

"Untuk diketahui bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata di Kabupaten Puncak, terbagi menjadi tiga tempat yaitu di areal Bandara Aminggaru, Nipuraleme dan Jalan Pingli, di mana sasaran KKB saat ini bukan hanya terhadap aparat keamanan dan warga pendatang saja, tetapi kepada warga msyarakat OAP juga," ucap Kamal.

Simak juga video 'Hadapi KKB Papua, Polri: Kekerasan Bukan Satu-satunya Jalan!':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/haf)