ADVERTISEMENT

Kapolri Imbau Warga Terpapar Dirawat di Isoter Demi Putus Penyebaran COVID

Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 19 Feb 2022 18:23 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek lokasi isoter di Surabaya, Jatim
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek lokasi isoter di Surabaya, Jatim Foto: dok ist
Surabaya -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau agar masyarakat yang terpapar COVID-19 namun tidak bisa isolasi mandiri (isoman), agar melakukan isolasi terpusat (isoter). Ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Sigit saat meninjau tempat isolasi terpusat (isoter) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (19/2/2022).

"Saya imbau masyarakat yang di rumahnya untuk melaksanakan isolasi mandiri secara persyaratan kurang memenuhi, kita sarankan lebih baik dirawat di isoter," kata Sigit.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek lokasi isoter di Surabaya, JatimKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek lokasi isoter di Surabaya, Jatim Foto: dok ist

Secara khusus, Sigit meminta masyarakat yang mempunyai komorbid dan lansia walaupun bergejala ringan saat terpapar COVID-19 juga datang ke tempat isoter. Menurutnya, isoter sangat baik dari sisi pengobatan maupun pelayanan tenaga medis.

"Khususnya memiliki komorbid walaupun gejala ringan kita sarankan di isoter karena memang tenaga kesehatan, obat-obatan, perawatan dan pengawasannya jauh lebih baik. Walaupun kita tahu secara umum tingkat fatalitas maupun kematian masih rendah tapi tetap berisiko bagi masyarakat lansia komorbid dan juga vaksinasi belum lengkap," ujar Sigit.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek lokasi isoter di Surabaya, JatimKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek lokasi isoter di Surabaya, Jatim Foto: dok ist

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, angka harian COVID-19 varian Omicron saat ini sudah melampaui angka harian varian Delta. Karena itu perlu strategi dan penanganan khusus agar angka harian COVID-19 kembali landai.

"Salah satunya dengan memotong kecenderungan terjadinya penularan, salah satunya memisahkan masyarakat yang terpapar bisa dirawat dengan khusus sehingga tak ada risiko penularan," ucap Sigit.


"Tadi kesannya langsung dari masyarakat yang dirawat fasilitasnya bagus, obat-obatan lengkap dan pelayanan tenaga kesehatan baik. Ada juga kegiatan-kegiatan untuk mengisi selama berada di isoter, sehingga kemudian ini juga diharapkan bisa meningkatkan dan memotivasi serta memberikan semangat agar bisa cepat sembuh," papar Sigit.Dalam kesempatan ini, mantan Kapolda Banten ini juga berdialog dengan tenaga kesehatan dan masyarakat yang dirawat di isoter. Ia pun mengapresiasi seluruh stakeholders yang ada di isoter atas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang terpapar COVID-19.

Sigit pun berharap masyarakat yang sedang dirawat di isoter cepat sembuh dan angka COVID-19 di Indonesia segara menurun.

"Mudah-mudahan kita bisa lalui varian baru ini dengan baik dan kembali kembali normal serta beraktivitas seperti biasa," ujar Sigit.

Simak juga 'Simak! Aturan Isoman Bagi Pasien Covid-19 Bergejala Ringan':

[Gambas:Video 20detik]



(hri/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT