Teriakan 'Andre Rosiade Gubernur' Menggema di Bukittinggi

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 19 Feb 2022 12:51 WIB
Andre Rosiade
Foto: Istimewa
Jakarta - Anggota DPR RI Andre Rosiade melanjutkan kunjungannya di Sumatera Barat ke Kota Bukittinggi, Jumat (19/2). Didampingi Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Andre memulai kegiatannya dengan mengunjungi Pasar Bawah.

Andre juga menggelar sejumlah kegiatan mulai dari mengunjungi dan menyalurkan bantuan ke pedagang korban kebakaran Pasar Bawah, mengikuti kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah, hingga mengadakan Jumat Berkah dan berbagai nasi kotak bersama Gerindra di Masjid Raya Bukittinggi.

"Kami hanya menyalurkan, mendampingi Wako Erman Safar. Bantuan ini berasal dari Baznas Bukittinggi," kata Andre dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/2/2022).

Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini menyebutkan sekitar 10 petak toko yang terbakar Selasa (15/2) akan segera dibangun oleh Wali Kota Erman Safar dalam waktu dekat. Ke depannya, pasar tersebut juga akan direvitalisasi agar lebih modern.

"Jangan ragu, karena Pak Wali sudah berkomitmen untuk kembali membangun toko-toko yang terbakar ini. Selain itu, tahun 2023 juga akan dilakukan revitalisasi Pasar Bawah. Agar menjadi lebih modern dan bersih," katanya.

Usai berkeliling Pasar Bawah dan Pasar Lereng, Andre melanjutkan kunjungannya ke Los Lambuang untuk menikmati nasi kapau. Dalam kesempatan ini, dirinya didampingi Sekretaris Kota Bukittinggi Martias Wanto.

Bersama DPC Partai Gerindra Bukittinggi, Andre menggelar Jumat Berkah Bersama Gerindra di Masjid Raya Bukittinggi. Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida dan tim pun mendirikan pos darurat untuk membagikan sekitar 400 nasi kotak kepada jemaah.

Selain itu, Andre mengikuti Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi. Dirinya pun mendapat kehormatan memberikan sambutan di tengah ribuan jemaah.

"Kami mengikuti dakwah Ustaz Syafiq di Puncak, Bogor, Jawa Barat bulan lalu. Beliau bercerita akan datang ke Bukittinggi dalam waktu dekat. Kami minta Ustaz Elvi Syam agar meminta kesediaan Ustaz Syafiq menggelar kajian di Rumdin Wako Bukittinggi. Alhamdulillah, hari ini terlaksana," kata Andre.

Lebih lanjut, Andre menyampaikan saat ini dirinya telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk kepala daerah dengan anggota DPR RI. Hal ini dilakukan guna membuat pembangunan Sumbar lebih baik.

"Kami doakan, semoga di bawah kepemimpinan Wako Erman Safar Bukittinggi semakin maju. Kami siap terus membantu, seperti pembangunan Pasar Bawah, memastikan bisa dimanfaatkannya bekas Stasiun Bukittinggi oleh Pemko Bukittinggi untuk UMKM dan lainnya," kata Andre menutup sambutan.

Di sisi lain, Sekretaris DPC Gerindra Bukittinggi Reki Afrino mengaku salut dengan paya yang dilakukan Andre sebagai anggota DPR RI dan juga Ketua DPD Gerindra Sumbar. Ia mengatakan agenda ini juga didukung oleh pihak kelurahan dan kecamatan setempat.

"Masyarakat sangat berterima kasih atas kegiatan amal berbagi nasi kotak di Bukittinggi ini," kata Reki.

Andre Rosiade Foto: Istimewa

Sementara itu, Ustaz Syafiq pun berterima kasih karena diberikan kesempatan untuk memberikan kajian. Ungkapan terima kasih ini juga disampaikan ribuan orang yang hadir mengikuti kajian di Rumdin Wako Bukittinggi.

"Kami agak kurang enak memberikan kajian di depan guru kami Buya Elvi Syam. Semoga bisa memberikan yang terbaik. Terima kasih juga untuk bang Andre Rosiade, semoga Allah menjaga beliau," katanya.

Diteriaki 'Gubernur'

Selama kunjungan tersebut, tak jarang Andre mendapatkan dukungan untuk menjadi gubernur dari masyarakat. Saat menyalurkan bantuan, sejumlah pedagang juga ada yang tiba-tiba berteriak 'gubernur' sehingga menambah keramaian pasar.

'Andre Rosiade harus jadi Gubernur. Tuntaskan masalah Sumbar,' demikian teriakan yang sempat membuat kegiatan sementara terhenti. Teriakan ini pun membuat para pedagang dan warga saling sahut meneriakkan 'Andre Gubernur'.

Tak hanya itu, hal yang sama juga dirasakan saat Andre tengah bicara mengenai tingginya angka penderita HIV/AIDS di Bukittinggi yang mencapai 1.200 orang da LGBT yang tengah marak terjadi.

'Andre Rosiade Gubernur, Andre Gubernur!', teriakan-teriakan itu pun sempat membuat Andre kaget. Bahkan, ia sampai meminta maaf kepada Ustaz Syafiq dan memilih melanjutkan sambutan. (akn/ega)