34 Tanaman Hias Dicuri di Depok, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 300 Juta

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 18 Feb 2022 16:44 WIB
Tanaman hias senilai ratusan juta dicuri di Depok (Dwi Rahmawati/detikcom)
Tanaman hias senilai ratusan juta dicuri di Depok. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Depok -

Pekarangan tanaman hias milik warga di Jalan H Mustafa IV, Kukusan, Depok, digasak kawanan pencuri. Pemilik usaha, Vani Rastya Andita, menyebut aksi pencurian itu terekam kamera CCTV.

"Kejadian 17 Februari pukul 01.11 sampai 01.24 WIB. Pelaku menjalankan aksinya kurang dari 20 menit. Dia loncat dari bagian yang bolong (sela-sela) green house bagian atas," kata Vani Rastya saat ditemui di lokasi, Jumat (18/2/2022).

Vani menyebut pencurian itu terjadi pada Kamis (17/2) dengan pelaku berjumlah tiga orang. Dua orang di antaranya memanjat masuk ke pekarangan, sementara satu orang lainnya menunggu di luar. Vani menduga ada pelaku yang membawa parang.

"Sepertinya tiga orang, satu orang di luar dia buat jaga-jaga kalau misalnya ada yang datang. Soalnya ada parang di belakang. Dua orang terekam kamera CCTV," tuturnya.

Lebih lanjut, Vani menyampaikan setidaknya ada 34 tanaman yang ada di pot yang dicuri. Adapun jenis tanamannya terdiri dari Monstera Mint, Monstera Varigeata, Monstera Morata, Florida Beauty, Violin Variegata, Monstera Soni Variegata, Anthurium Pterodactyl Variegata, hingga Adenium Yellow.

Vani menjelaskan tanaman yang hilang itu rata-rata dijual dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 50 juta per daunnya. Kerugian ditaksir mencapai Rp 300 juta.

"Karena satu pot ada yang diambil 5 daun. Jadi pelaku benar-benar ngambil yang tinggi-tinggi dan besar. 34 pot kerugian Rp 300 juta," terang Vani.

Setelah mengetahui aksi pencurian tersebut, Vani langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Beji. Kini, Vani berharap pelaku cepat ditangkap.

"Sudah buat laporan kepolisian. Katanya ditunggu dulu kabarnya sampai keluar dari hasil sidik jarinya," imbuhnya.

(drg/drg)