ADVERTISEMENT

Heboh Nelayan di Sulsel Tangkap Ikan Kerapu Raksasa 300 Kg

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Feb 2022 10:39 WIB
Nelayan tangkap ikan kerapu raksasa 300 kg di Selayar Sulsel (Dok. Istimewa)
Foto: Nelayan tangkap ikan kerapu raksasa 300 kg di Selayar Sulsel (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Seorang nelayan berhasil menangkap ikan kerapu raksasa di Tana Doang, sebutan lain bagi Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Berat ikan kerapu raksasa yang bikin geger ini mencapai 300 kilogram.

Dilansir detikSulsel, nelayan tersebut diketahui bernama Sabrianto. Ikan kerapu raksasa ini ditangkap Sabrianto saat bertelur di lautan sekitar 1 kilometer dari pesisir pantai Desa Desa Menara Indah, Kecamatan Bontomatene pada Senin (14/2) sekitar pukul 14.00 Wita.

Saat menangkap si kerapu raksasa, Sabrianto dibantu rekannya Amir Hamzah dan adiknya Sukri. Sabrianto mengatakan ikan kerapu raksas pertama kali ditemukan oleh adiknya, namun panah yang ditembakkan patah.

"Itu ikan adekku pertama dapat. Dia langsung tembak itu ikan pakai panah. Terus dia langsung patah panahnya. Terus dia panggil saya, saya langsung lompat sama teman," tuturnya kepada detikSulsel, Kamis (17/2/2022).

Sabrianto butuh 3 kali tembakan busur panah untuk melumpuhkan ikan kerapu raksasa. Ikan kerapu raksasa lantas diangkut ke daratan dengan cara ditarik menggunakan perahu fiber berukuran 9 meter.

"Jarak mungkin satu kilo dari pinggir pantai di Pelabuhan Pamatata. Diangkut langsung ke tempat penjualan ikan. Langsung saya pergi jual," ungkapnya.

Spot Andalan Nelayan

Lokasi penangkapan ikan kerapu raksasa itu memang dikenal sebagai salah satu spot andalan nelayan. Saat musim barat, ikan-ikan raksasa kerap berada di sebelah timur laut Desa Menara Indah, Kecamatan Bontomatene.

"Memang salah satu spot andalannya nelayan di situ (pantai Desa Menara Indah). Bisa dibilang ada (ikan besar) kalau di situ," ujar Kepala Desa Menara Indah Saenal Arifin, saat dikonfirmasi detikSulsel, Kamis (17/2).

Sabrianto memang disebut sering mencari ikan di sekitar pantai Desa Menara Indah. Terutama saat musim barat di sebelah timur Desa Menara Indah tiba dalam beberapa waktu terakhir ini.

Uniknya, Sabrianto berhasil menangkap ikan kerapu raksasa tersebut hanya dengan menggunakan panah.

"Dia cuma pakai busur (panah) itu dapat ikannya. Bahkan itu busurnya sampai patah gara-gara ikannya terlalu besar," tutur Saenal.

Simak juga video 'Geger Ikan Berkepala Satu-Badan Dua di Bandung, Ini Wujudnya':

[Gambas:Video 20detik]



Bobot ikan kerapu bikin timbangan eror, simak halaman selanjutnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT