Banjir Terjang Kota Sukabumi, Rumah Rusak-1 Warga Tewas

ADVERTISEMENT

Banjir Terjang Kota Sukabumi, Rumah Rusak-1 Warga Tewas

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Feb 2022 05:42 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan pemantauan di beberapa titik bencana banjir, khususnya di Kecamatan Baros, Kamis (17/2/2022) malam. Dalam pemantauannya, ia didampingi oleh Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Arianto.
Banjir di Sukabumi (Foto: istimewa)
Jakarta -

Banjir dan longsor menerjang Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), akibat hujan deras sejak Kamis sore. Banjir mengakibatkan rumah rusak dan 1 orang dinyatakan tewas.

Dilansir detikJabar, Jumat (18/2/2022), hingga pukul 22.40 WIB, Kamis (17/2) lokasi banjir bertambah menjadi 68 titik. Sementara tanah longsor ada 9 titik.

"Kami menerima laporan 68 titik terdiri dari 59 titik lokasi banjir dan 9 titik longsor," kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Imran Wardhani dalam keterangannya.

Imran mengatakan banjir paling parah terjadi di Kecamatan Baros yang mengakibatkan rumah hancur dan memakan korban jiwa. Banjir di Kelurahan Jakaraksa itu diperparah karena adanya luapan Sungai Cisuda.

"Ada satu korban meninggal dunia atas nama Ibu Enung dan sudah kami evakuasi ke RS Bunut dan satu korban luka ringan juga sudah dievakuasi," ujarnya.

Petugas masih melakukan penyisiran di beberapa lokasi. Dari 68 lokasi yang terdeteksi terdampak bencana, 16 di antaranya sudah dilakukan penyisiran dan penanganan bencana.

"Penanganan saat ini tim kami masih melakukan penyisiran di lokasi-lokasi. Kami menerjunkan 24 personil dibantu para relawan-relawan kemanusiaan," katanya.

Imarn pun mengimbau agar masyarakat tetap waspada akan peningkatan curah hujan yang diprediksi terjadi sampai sepekan ke depan.

Walkot Lakukan Pemantauan

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan pemantauan di beberapa titik bencana banjir, khususnya di Kecamatan Baros, Kamis (17/2) malam. Dalam peninjauan itu, dia didampingi oleh Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Arianto.

Fahmi langsung memimpin penanganan bencana bersama aparat wilayah yang terdiri dari Camat Baros Samiarto, Lurah Jayaraksa, BPBD Kota Sukabumi dan elemen lainnya. Dia meminta agar penanganan banjir dipercepat.

"Saya bersama Pak Dandim turun langsung ke lapangan untuk mempercepat penanganan bencana," ujar Fahmi dalam keterangan tertulisnya.

Lihat juga video 'Banjir Terjang Wilayah Baduy: Jembatan Rusak, Longsor Melanda':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT