Hari Keadilan Sosial Sedunia: Begini Sejarah-Tema Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Hari Keadilan Sosial Sedunia: Begini Sejarah-Tema Tahun Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Feb 2022 13:06 WIB
Hari Keadilan Sosial Sedunia diperingati tanggal 20 Februari. Tahun ini, peristiwa tersebut jatuh pada minggu keempat bulan Februari.
Hari Keadilan Sosial Sedunia: Begini Sejarah-Tema Tahun Ini (Foto: detikcom/Dok.detikcom)
Jakarta -

Hari Keadilan Sosial Sedunia diperingati tanggal 20 Februari. Tahun ini, peristiwa tersebut jatuh pada minggu keempat bulan Februari.

Hari Keadilan Sosial Sedunia diresmikan PBB pada 26 November 2007. Melalui peringatan ini, PBB mengajak seluruh dunia agar mencerminkan keadilan melalui pekerjaan, perlindungan sosial, dialog sosial, prinsip-prinsip dan hak dasar di tempat kerja.

Seperti apa sejarah hingga tema Hari Keadilan Sosial Sedunia tahun ini? Mari simak rangkumannya.

Hari Keadilan Sosial Sedunia: Begini Awal Mula Sejarahnya

Dilansir dari laman United Nations, Hari Keadilan Sosial Sedunia bermula dari International Labour Organization (ILO) yang merupakan organisasi buruh. Mereka meminta keadilan sosial yang berlandaskan pada Deklarasi Philadelphia tahun 1944 dan prinsip-prinsip sekaligus hak dasar di tempat kerja.

Deklarasi penting itu merupakan penegasan yang kuat dari nilai-nilai ILO. Dengan mengadopsi langkah tersebut, baik perwakilan pemerintah, organisasi pengusaha dan pekerja dari 182 negara membentuk organisasi dalam mencapai kemajuan dan keadilan sosial dalam konteks global.

Mereka pun bersama-sama berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas ILO guna memajukan tujuan-tujuan tersebut. Siapa sangka, deklarasi itu melambangkan konsep pekerjaan yang layak guna mencapai tujuan konstitusionalnya.

Hari Keadilan Sosial Sedunia mencerminkan konsensus tentang perlunya dimensi sosial yang kuat guna mencapai hasil yang baik dan adil untuk seluruh pekerja buruh. Hal ini sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan keadilan berdasarkan pekerjaan yang layak, serta mempercepat kemajuan dalam pelaksanaan agenda pekerjaan yang layak di tingkat negara.

Tentunya, hal itu mencerminkan pandangan yang produktif dengan menyoroti pentingnya perusahaan yang berkelanjutan dalam menciptakan kesempatan kerja juga pendapatan yang lebih besar bagi kalangan buruh.

Masih mengutip laman United Nations, PBB mengaku pembangunan dan keadilan sosial kian diperlukan guna mencapai sekaligus memelihara perdamaian antar bangsa. Dibentuknya Hari Keadilan Sosial Sedunia sekaligus menyadarkan seluruh pihak bahwa pembangunan dan keadilan sosial tidak bisa dicapai tanpa adanya perdamaian juga keamanan.

Secara resmi, pada 26 November 2007 PBB menyepakati setiap tanggal 20 Februari diperingati sebagai Hari Keadilan Sosial Sedunia.

Peringatan tahunan Hari Keadilan Sosial Sedunia sejak pertama kali diproklamasikan oleh PBB melalui kepemimpinan Republik Kyrgyzstan. Peringatan ini mendukung upaya masyarakat di kancah dunia untuk mencari solusi agar mencapai pembangunan berkelanjutan juga memenuhi banyaknya aspirasi.

Tema Hari Keadilan Sosial Sedunia dapat disimak di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT