Gajah Rusak Pagar Pembatas Sebelum Nyeberang di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 17 Feb 2022 09:00 WIB
Seekor gajah terekam kamera warga saat menyeberang di Km 73 ruas Tol Pekanbaru-Dumai. Kabid Teknis Balai BKSDA Riau pun ungkap penyebab gajah itu masuk tol.
Gajah terekam kamera melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. (Foto: Dok. BKSDA dan Rekaman Warga)
Pekanbaru -

Video seekor gajah menyeberang di ruas Tol Pekanbaru-Dumai viral di media sosial. Sebelum menyeberang, gajah liar itu sempat merusak panel pagar pembatas jalan tol tersebut.

"Jadi memang kan dia mau melintas dari underpass Km 72. Tetapi karena kondisi malam hujan, underpass tergenang," kata Kabid Teknis Balai BKSDA Riau, Mahfud, kepada wartawan Kamis (17/2/2022).

Mahfud mengatakan gajah jantan dewasa itu akhirnya melewati jalur lain. Bahkan, kata dia, gajah itu juga terlihat berjalan menyusuri pagar dan panel batas sebelum masuk jalan tol sejauh 1 km lebih.

"Dari CCTV terlihat dia berjalan mencari batas pagar yang rendah. Karena kalau melewati pagar tinggi memang tak bisa," ucapnya.

Setiba di Km 73 +200, gajah memutuskan merobohkan panel pembatas pagar pada bagian atas. Terlihat panel pagar hancur akibat dilalui satwa dilindungi tersebut.

"Dua panel hancur. Memang kalau tidak dihancurkan dia tidak bisa nyeberang ke tol. Jadi dihancurkan dulu baru masuk ke tol di Km 73 +200," katanya.

Seperti diketahui, seekor gajah terekam kamera warga saat menyeberang di Km 73 ruas Tol Pekanbaru-Dumai. Gajah disebut melintasi di ruas tol karena jalur khusus yang disiapkan untuk gajah terendam air.

Terlihat sebuah mobil mengurangi laju kendaraan saat gajah melintas. Gajah melintas dari arah kantong gajah Giam Siak Kecil menuju Balai Raja Bengkalis.

Mahfud menyebut gajah yang melintas itu adalah gajah jantan. Gajah itu disebut kerap melintas di lokasi setiap 3 bulan dari kantong gajah di Giam Siak Kecil menuju kantong Balai Raja.

Lihat juga video 'Heboh! Gajah Nyeberang di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/fas)