Anwar Abbas Anggap Razia Kondom Saat Valentine di Makassar Upaya Cegah Zina

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 17 Feb 2022 06:23 WIB
Waketum MUI Anwar Abbas
Anwar Abbas (Foto: mui.or.id)
Jakarta -

Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pamanto membela Satpol PP yang disorot usai merazia kondom jelang Hari Valentine. Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mendukung kebijakan razia kondom itu.

"Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi ajaran agama maka kita sebagai warga masyarakat terutama para pemimpinnya tentu harus berusaha untuk mencegah supaya yang namanya perzinaan tersebut jangan sampai terjadi di tengah-tengah masyarakat kita," kata Anwar Abbas ketika dihubungi, Rabu (16/2/2022).

"Apalagi disinyalir segelintir anak-anak muda ada yang mempergunakan malam Valentine bagi melakukan hal-hal yang tidak terpuji dan dilarang oleh agama tersebut," lanjutnya.

Menurutnya, tidak ada satupun agama yang diakui di Indonesia membenarkan perzinaan. Dia menilai para pedagang juga wajib turut bertanggung jawab dalam menjual kondom.

"Semua kita terutama para pedagang harus ikut merasa bertanggung jawab supaya jangan sampai mereka menjual kondom tersebut kepada orang yang akan menyalahgunakannya," tutur Anwar Abbas.

Anwar Abbas menilai Danny berhak membuat kebijakan terkait razia kondom di wilayahnya. Dia mengatakan Danny memang bertugas membuat aturan untuk kebaikan warganya.

"Wali Kota Makassar sebagai pimpinan tertinggi di daerahnya tentu saja berhak untuk membuat kebijakan dan mengatur hal-hal yang terkait dengan masalah peredaran dan penjualan kondom tersebut bagi terciptanya hal-hal yang baik dan terbaik bagi rakyatnya," jelasnya.

Razia Kondom Disorot

Satpol PP Kota Makassar merazia alat kontrasepsi atau kondom di sejumlah minimarket di Makassar jelang Hari Valentine, Minggu (13/2). Aksi yang juga dilakukan di sejumlah daerah ini mengundang kritikan tajam dari berbagai pihak secara nasional, salah satunya dr Tirta.

Melalui cuitan di akun Twitternya, dr Tirta mengaku heran dan mengkritik keras tindakan tersebut. Dia menilai razia itu tidak efektif untuk mencegah adanya seks bebas.

"Tujuannya apa? Fungsi kondom adalah mencegah penyakit menular seksual dan sebagai alat kontrasepsi. Kalau kaitannya sama 'norma' dan seks bebas, yg difokuskan ya edukasi seksual sejak awal," tulisnya di Twitter yang juga diunggah lewat akun Instagram-nya, Senin (14/2).

Wali Kota Makassar Bela Satpol PP

Wali Kota Makassar Danny mengatakan pihaknya mendukung penuh langkah Satpol PP melakukan razia kondom saat malam Valentine. Dia menegaskan keberadaan kondom yang dipajang di minimarket tidak baik untuk moral anak-anak di Makassar.

"Saya mendukung langkah Satpol PP untuk menertibkan itu, karena tidak baik secara moral untuk anak. Ini negeri kita punya negara masih ada agamanya, bukan negara yang tidak ada agamanya gitu, ini negara masih ada agamanya. Jadi hal-hal yang harus ditertibkan secara etika sosial," ujar Danny.

Lihat juga video 'Polisi Tangkap Pemanah Warga Disabilitas hingga Tewas di Makassar':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/haf)