ADVERTISEMENT

Tari Saman Berasal dari Mana? Ini Serba-serbi Tari Saman

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 19:21 WIB
Tari Saman Berasal dari Mana? Ini Serba-serbi Tari Saman
Tari Saman Berasal dari Mana? Ini Serba-serbi Tari Saman (Foto: Datuk Haris Maulana/detikcom)
Jakarta -

Tari Saman berasal dari mana? Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui asal-usul Tari Saman. Tari Saman merupakan kesenian daerah yang berasal dari Aceh, Indonesia.

Tari Saman sendiri sudah terkenal hingga mancanegara. Berikut serba-serbi Tari Saman yang sudah dirangkum oleh detikcom.

Tari Saman Berasal dari Tanah Gayo, Aceh

Tari Saman berasal dari suku dataran tinggi Gayo, tepatnya di provinsi Aceh, Indonesia. Melansir dari situs Kemlu RI, para penari Saman menggunakan bahasa Gayo yang dinyanyikan sambil melakukan gerakan tarian tersebut.

Pada 24 November 2011, Tari Saman ditetapkan oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia. Penetapan tersebut dilakukan dalam sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bali.

Tari Saman Memiliki Pola Lantai 4 Macam, Apa Saja?

Tari Saman berasal dari Aceh. Menurut informasi dari situs Kemdikbud, Tari Saman memiliki pola lantai sebanyak empat macam. Berikut informasinya.

1. Pola Lantai Horizontal (Garis Lurus Sejajar Secara Horizontal)

Pola lantai horizontal pada Tari Saman dapat dilihat dari pandangan penonton. Dimulai dari penari duduk bersimpuh dan berat badan ditumpukan pada kedua kaki yang terlipat.

Kemudian, penari merapat hingga bahu saling bersentuhan.Pola lantai horizontal Tari Saman bergantung pada ketinggian posisi badan, di mana level paling tinggi dimulai dari posisi duduk bersimpuh berubah ke posisi berdiri di atas lutut.

Adapun level paling rendah adalah saat penari membungkukkan badan ke depan sampai sekitar 90 derajat dengan badan sejajar dengan kedua paha, atau membalik ke belakang, sampai sekitar 60 derajat.

Tari Saman Berasal dari Mana? Ini Serba-serbi Tari SamanTari Saman Berasal dari Mana? Ini Serba-serbi Tari Saman Foto: Datuk Haris Maulana/detikcom

2. Pola Lantai Vertikal

Pada pola lantai vertikal, penari membentuk garis lurus dari depan ke belakang. Pola lantai ini memiliki makna pada setiap gerakan Tari Saman, yakni menunjukkan hubungan antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta.

3. Pola Lantai Diagonal

Pola lantai diagonal Tari Saman menempatkan penari untuk membentuk barisan yang lurus dan agak menyudut ke kanan atau ke kiri. Pola lantai ini juga memiliki makna sebagai kesan kekuatan bersama yang dinamis.

4. Pola Garis Melengkung

Penari dalam posisi garis melengkung membentuk barisan yang melengkung. Pola Tari Saman ini memiliki makna tentang kelenturan atau setiap gerakannya melambangkan kesan lemah lembut dan memiliki keserasian. Pola garis melengkung terdiri dari:

  • Garis lingkaran,
  • Lengkung ular,
  • Angka delapan.

Tari Saman Dilakukan Secara Berkelompok

Gerakan Tari Saman tidak dilakukan hanya oleh satu orang, melainkan beramai-ramai sambil memadukan gerakan menepuk pundak dan tangan. Tari Saman dilakukan dalam posisi duduk seperti saat salat serta membentuk barisan bersama secara lurus yang dipimpin seorang Syeikh.

Selain Tari Saman berasal dari mana, ada informasi menarik lagi soal Tari Saman. Simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT