ADVERTISEMENT

NasDem Desak Gubsu Perbaiki Jalan di Sumut: Banyak Kubangan!

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 20:42 WIB
Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar (kiri) Bersama Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani
Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar (kiri) Bersama Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani (Arfah/detikcom)
Medan -

Partai NasDem Sumut menyoroti banyaknya jalan rusak yang ada di Sumut. NasDem menilai jalan-jalan rusak itu sudah mirip seperti kubangan.

"Jalan provinsi di Sumatera Utara itu ada 3.000 km. Dari 3.000 km, ada 20 persen, hampir 500 km dalam keadaan rusak berat, berbentuk kubangan bahkan tidak layak dilalui kendaraan," kata Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar kepada wartawan di Medan, Selasa (15/2/2022).

Iskandar mengatakan pihaknya mencatat kondisi jalan provinsi dalam kondisi rusak berat itu berada di Simalungun, Kepulauan Nias, Karo, dan perbatasan antara Kabupaten Asahan dengan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Iskandar mengatakan jalan rusak ini mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari, termasuk kegiatan ekonomi. Jalan-jalan ini juga mengganggu perkembangan wisata yang ada di Sumut.

"Seperti Simalungun, itu kan jalan ke Danau Toba," tuturnya.

Iskandar pun meminta agar jalan-jalan ini segera diperbaiki. Dia meminta agar perbaikan itu cepat dilakukan.

"NasDem mengharapkan kepada pemerintah provinsi Sumut dalam hal ini gubernur memperbaiki jalan rusak ini. Harus dipercepat perbaikannya," tutur Iskandar.

Iskandar kemudian menyinggung soal anggaran Rp 2,7 triliun yang disiapkan Pemprov Sumut untuk perbaikan jalan. Iskandar menyebut pihaknya mendukung pelaksanaan perbaikan itu agar jalan di Sumut dapat lebih baik

"Kami mendukung pembangunan jalan sepanjang 450 km di wilayah Sumut yang memakai skema pendanaan tahun jamak itu," sebut Iskandar.

Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani mengatakan DPRD sudah mengesahkan anggaran Rp 2,7 triliun untuk perbaikan jalan. Dia berharap hal ini segera dikerjakan agar jalan di Sumut segera diperbaiki.

"Saya ikut menandatangani anggaran 2,7 ini, kami igin Sumut ini memiliki jalan yang mantap. Karena kita tahu betul jalan di Sumatera Utara 20 persen rusak parah," tutur Rahman.

Rahman, yang juga kader partai NasDem, menyebut DPRD akan mengawasi pelaksanaan pengerjaan program perbaikan jalan itu agar berjalan dengan baik.

"Kami juga akan mengawasi pekerjaan ini. Kami tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Seperti diketahui, Pemprov Sumut melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi menganggarkan Rp 2,7 triliun untuk perbaikan jalan. Anggaran itu bersumber dari APBD Sumut dengan skema tahun jamak (multiyears).

(afb/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT