Makassar dan 5 Daerah Lain di Sulsel Masuk PPKM Level 3

ADVERTISEMENT

Makassar dan 5 Daerah Lain di Sulsel Masuk PPKM Level 3

Taufik Hasyim - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 12:47 WIB
PPKM Jawa Bali Diperpanjang Sampai 13 Desember, Ini Daftar Level Terbaru
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Sulawesi Selatan -

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang di Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai hari ini hingga dua pekan ke depan. Kota Makassar dan 5 daerah lain di Sulsel kini menerapkan PPKM level 3.

Perpanjangan PPKM ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 11 Tahun 2022. Pada penerapan PPKM periode sebelumnya, tak ada satu pun wilayah di Sulsel yang masuk penerapan PPKM level 3.

Sesuai Inmedagri terbaru ini, ada 6 kabupaten/kota di Sulsel yang naik menjadi PPKM level 3. Antara lain Bulukumba, Sinjai, Bone, Maros, Pinrang, dan Kota Makassar.

Sementara itu, untuk PPKM level 2 diterapkan di Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, Pangkajene Kepulauan, Soppeng,Wajo, Sidenreng Rappang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, dan Kota Palopo.

Untuk PPKM level 1 berlaku di Kepulauan Selayar, Barru, Toraja Utara, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Parepare. Inmendagri terbaru ini berlaku mulai hari ini hingga 28 Februari mendatang.

Ketua Pengendalian COVID-19 Sulsel Prof Ridwan Amiruddin menuturkan laju peningkatan kasus Corona di Sulsel memang perlu jadi perhatian. Apalagi ada peningkatan positivity rate yang mencapai 15-20 persen.

"Ini ada pergerakan yang perlu perhatian serius. Tempat isolasi mandiri di Asrama Haji juga katanya sudah mulai terisi," jelasnya.

Terlebih, ada kasus perdana Omicron di Makassar yang perlu menjadi sinyal warning atau perhatian semua pihak. Ini mengingat posisi Makassar sebagai pintu gerbang dan pusat aktivitas utama di Sulsel.

"Secara umum, strategi pengendalian masih dengan pola sama. Disiplin prokes dengan 3M, 3T dan percepatan cakupan vaksinasi," jelasnya.

Untuk diketahui, data COVID-19 Sulsel terakhir kali diupdate oleh Satgas COVID-19 Sulsel pada Minggu (13/2) lalu. Di data itu tercatat tambahan 514 kasus baru Corona di Sulsel, yang membuat total kasus aktif sebanyak 482 kasus. Data terakhir tersebut juga menyebutkan total kasus kumulatif mencapai 113.816 kasus.

Untuk kasus sembuh ada tambahan 31 orang sehingga total pasien sembuh mencapai 108.084 orang. Kemudian ada satu kasus meninggal baru sehingga total kasus meninggal sebanyak 2.253 kasus.

Lima daerah penyumbang kasus baru terbesar ada Makassar menjadi penyumbang terbanyak kasus baru sebanyak 337 kasus. Disusul Gowa 36 kasus baru, Maros 32 kasus baru, Luwu Timur 17 kasus, dan Soppeng 15 kasus.

(hmw/nvl)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT