Pangdam Jaya Sebut BOR RSDC di DKI 42 Persen: Cenderung Makin Turun

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 10:53 WIB
Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto
Foto: Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto, selaku Panglima Kogasgabpad (Komando Tugas Gabungan Terpadu) COVID-19 RSDC Wisma Atlet, menerangkan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di RSDC saat ini menurun menjadi 42 persen. Dia mengatakan penurunan terjadi di RSDC Wisma Atlet dan Kemayoran.

"Kecenderungan nya sekarang di tower Jakarta turun, sekarang itu hanya 42 persen. Jadi alhamdulilah BOR yang ada di rumah sakit darurat baik itu Pademangan maupun Kemayoran juga turun," kata Untung saat ditemui dalam acara Donor Darah Reguler dan Santunan Kaum Dhuafa Perempuan yang diselenggarakan oleh Perempuan Jenggala di Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta Pusat, Selasa (15/2/2022).

Ditanyai menduga angka pasien COVID-19 ke depan juga akan semakin menurun sehingga tambahan tower untuk menampung pasien COVID-19 tak perlu dilakukan. Kendati demikian, Untung tetap menghimbau masyarakatdisiplin protokol kesehatan agar dapat menekan laju penularan varian Omicron.

"Sepertinya begitu (tidak ada penambahan tower isolasi pasien COVID-19). Kecenderungannya makin turun," ujarnya.

"Tentu saja kami berharap bersama masyarakat untuk tetap menjaga prokes menaati penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Sehingga dalam waktu dekat ini, semoga Omicron juga akan mulai turun," imbuh Untung.

Untung juga mengatakan pihaknya bekerjasama dengan stakeholder untuk melakukan isolasi terhadap pasien PPLN yang didominasi jemaah umroh.

"Kita selalu bekerjasama dengan BNPB selaku satgas untuk meyakinkan bahwa para pelaku perjalanan luar negeri juga mendapatkan kegiatan untuk isolasi mandiri dan tentu saja kita berharap penyelesaian dari karantina ini mereka negatif," katanya.

Dia mengimbau masyarakat yang tidak memiliki kepentingan untuk tidak melakukan perjalanan luar negeri.

"Saat ini sudah diimbau oleh pemerintah, kalau tidak penting untuk tidak melakukan perjalanan," ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Humas RSDC-19 Kolonel dr Mintoro Sumego mengatakan, pasien Corona atau COVID-19 yang dirawat di Wisma Atlet Kemayoran memang terus berkurang. Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) Wisma Atlet Kemayoran kini berada di angka 44,57%.

"Hunian di Wisma Atlet hari ini ada 3.699 atau BOR-nya 44,57 persen," kata Mintoro kepada wartawan, hari ini.

Secara total, keseluruhan hunian di Wisma Atlet Kemayoran dan Pademangan berjumlah 5.166 pasien dengan BOR 41,35 persen. Mintoro mengatakan sisa tempat tidur di Wisma Atlet Kemayoran ada sebanyak 4.600, sedangkan di Wisma Atlet Pademangan sebanyak 2.727.

Simak video 'Omicron Diprediksi Hanya 2 Kali Lebih Mematikan Dari Flu Biasa':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)