Komisi X soal Trek MotoGP Mandalika Kotor: Jangan Sampai Indonesia Tercoreng

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 13 Feb 2022 06:30 WIB
Dede Yusuf
Dede Yusuf (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Para pembalap MotoGP mengeluhkan trek Sirkuit Mandalika kotor pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022. Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf meminta panitia penyelenggara mengantisipasi keluhan-keluhan dari rider MotoGP.

"Ya, tentu sebagai penyelenggara lokal terikat dengan aturan Dorna sebagai penyelenggara dunia. Jadi rasanya kita harus segera antisipasi keluhan rider tersebut dengan memperbaiki segera apa yang disampaikan," kata Dede kepada wartawan, Sabtu (12/2/2022).

Dia tak mau keluhan-keluhan itu nantinya mencoreng nama baik Indonesia. Sebab, kata dia, ajang balapan MotoGP tetap harus mengedepankan keselamatan para rider.

"Bagaimanapun ini adalah wajah Indonesia yang harus dijaga jangan sampai tercoreng. Apalagi balapan ini kecepatan mencapai ratusan kilometer, memang safety adalah nomer satu yang diharapkan. Bukan sekedar indahnya lokasi," ucapnya.

Seperti diketahui, Rider MotoGP menggelar tes pramusim di Sirkuit Mandalika, tes kedua musim ini setelah di Malaysia. Hari pertama digelar pada Jumat (11/2).

Namun, rider disuguhkan trek yang kotor, akibat hujan yang mengguyur lintasan malam harinya. Tanah dan kerikil masuk ke trek, yang cukup berbahaya jika dilahap motor pebalap.

Imbasnya, sesi tes sempat ditangguhkan. Pertemuan digelar, karena pebalap mengeluhkan kondisi trek yang cukup kotor.

Setelah sempat dicoba membersihkan trek dengan mesin dan hasilnya kurang maksimal, rider berinisiatif membersihkan sendiri. Caranya dengan melakukan putaran sebanyak 20 lap untuk menyingkirkan kerikil dari trek.

Andrea Dovizioso, rider WithU RNF Yamaha, mengungkap bagaimana para rider akhirnya turun tangan sendiri membersihkan trek. Ia mengaku seharusnya ada cara yang lebih baik dilakukan.

Dia bahkan menyebut para rider MotoGP awalnya ketakutan untuk membersihkan trek secara manual, dengan menggeber motornya di trek. Namun setelah dilakukan, hasilnya tidak terlalu buruk.

Lihat juga Video: Permintaan Warga Lokal ke ITDC Saat Gelaran MotoGP Mandalika

[Gambas:Video 20detik]