ADVERTISEMENT

Anies Pamer Macet Jakarta Turun, Anggota F-PDIP: Lucunya Lebihi Srimulat!

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 11 Feb 2022 13:57 WIB
Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak
Gilbert Simanjuntak (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan data yang mencantumkan peringkat kemacetan Jakarta 2021 turun dibanding pada 2020. Anggota DPRD Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, menganggap Anies lucu.

"Lucunya itu melebihi Srimulat. Cuma kalau Srimulat memang sebenarnya cerdas," kata Gilbert Simanjuntak kepada wartawan, Jumat (11/2/2022).

Srimulat sendiri merupakan grup lawak legendaris. Kembali lagi ke Gilbert. Dia mengaku heran karena Anies kerap memamerkan data yang bukan merupakan hasil kerjanya.

Dia mencontohkan Anies dan Pemprov DKI gencar memamerkan Jakarta bebas macet dan langit biru pada 2021. Padahal, menurut dia, kondisi itu terjadi karena banyak warga yang memilih menetap di rumah akibat pandemi Corona.

"Gubernur ini lucu mirip Srimulat. Sewaktu puncak gelombang 1 juga memamerkan Jakarta bebas macet dan langit biru, padahal itu karena pandemi yang sedang heboh-hebohnya dan masyarakat semua spontan menutup perumahan hingga sekarang belum dibuka," ujar Gilbert.

Anggota Komisi B DPRD DKI itu menilai Anies Baswedan tak perlu memamerkan capaian tersebut. Sebab, capaian ini diraih bukan dari hasil kinerja Anies maupun Pemprov DKI dalam mengatasi kemacetan, melainkan efek pembatasan kegiatan selama pandemi COVID-19.

"Sekarang pada saat semua takut naik melebihi kasus gelombang kedua, pamer lagi hasil kerja COVID seakan hasil kerja Gubernur," ujarnya.

Sebelumnya, Anies mengunggah ulang postingan @dkijakarta yang memuat data peringkat kemacetan Jakarta yang kini di posisi ke-46. Data tersebut berjudul 'Jakarta Makin Tidak Macet'.

Dilihat di akun Instagram pribadinya, Jumat (11/2/2022), data tentang kemacetan itu berdasarkan pengukuran yang dilakukan oleh TomTom Traffic Index. Tertulis bahwa saat ini Jakarta berada di peringkat ke-46 dari total 404 kota yang diukur.

Berikut ini data kemacetan Jakarta sejak 2017-2021:

2017: tingkat kemacetan 61 persen, posisi 4 kategori kota termacet di dunia
2018: tingkat kemacetan 53 persen, dan berada posisi 7
2019: tingkat kemacetan 53 persen, dan berada di posisi 10
2020: tingkat kemacetan 36 persen, dan berada di posisi ke 31
2021: tingkat kemacetan 34 persen, dan berada di posisi ke 46.

Simak juga 'Pakai Pergub Ahok untuk Menggusur, Anies Diprotes Warga':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT