Polisi Pastikan Benda Milik Pria di Rejang Lebong Bengkulu Bom Palsu

ADVERTISEMENT

Polisi Pastikan Benda Milik Pria di Rejang Lebong Bengkulu Bom Palsu

Hery Supandi - detikNews
Rabu, 09 Feb 2022 21:14 WIB
Ilustrasi Fokus Bom Bunuh Diri di Medan (Luthfy Syahban/detikcom)
Foto ilustrasi: Bom (Luthfy Syahban/detikcom)
Bengkulu -

Benda mirip bom rakitan yang diamankan polisi dari seorang pria di Rejang Lebong, Bengkulu dipastikan bukan bom asli. Tim Gegana Brimob Polda Bengkulu telah memeriksa benda mirip bom rakitan tersebut.

"Tadi pukul 17.00 WIB, tim Gegana sudah bekerja. Hasilnya itu benda mirip bom rakitan saja. Tidak ada detonator serta bahan peledak," kata Kapolres Rejang Lebong, AKBP Tonny Kurniawan saat dihubungi (9/2/2022).

Tonny menjelaskan komponen benda mirip bom Rakitan itu terdiri dari sejumlah baterai, lampu senja, kabel serabut besar sepanjang 12 cm, 1 kabel serabut kecil sepanjang 20 meter, serta satu micro switch.

"Berdasarkan analisa dari tim Gegana, penemuan tersebut merupakan bom palsu karena hanya terdapat power (baterai, resistor/ lampu senja ) dan micro switch (tombol). Dan tidak ditemukan bahan peledak serta maupun detonator," jelas Tonny.

Saat ini pria yang membawa benda mirip bom itu masih berada di Mapolres Rejang Lebong. "Pelaku yang membawa bom palsu itu masih diamankan di Mapolres Rejang Lebong. Pelaku berasal dari luar Bengkulu, (asal) Sumatera Utara," kata Tonny.

Sebelumnya diberitakan seorang warga Curup Selatan, Rejang Lebong, Bengkulu diamankan polisi lantaran membawa sebuah tas berisi benda mirip bom rakitan. Sementara itu, benda mirip bom rakitan tersebut juga diamankan untuk diteliti dari tim Gegana Brimob Polda Bengkulu.

"Warga desa Air Lanang mencurigai seseorang tak dikenali mondar-mandir di desa. Warga melaporkan tindakan orang mencurigakan itu ke Babinkamtibmas Polsek Curup, setelah diperiksa di dalam tasnya ditemukan benda mirip bom rakitan," kata Tonny saat dihubungi sebelumnya.

(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT