Kapolri Minta Forkopimda Babel Perkuat Pencegahan Lonjakan COVID-19

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 09 Feb 2022 19:24 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau akselerasi vaksinasi di Babel
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau akselerasi vaksinasi di Babel. (Foto: dok ist)
Babel -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau akselerasi vaksinasi serentak di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rabu (9/2/2022). Dalam agenda ini, Sigit mengimbau warga mewaspadai penyebaran virus COVID-19 varian Omicron, namun tidak panik dan takut berlebihan.

Sigit dalam kesempatan itu meminta jajaran Forkopimda Babel melakukan antisipasi dini agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19. Dari laporan yang diterima, perkembangan varian Omicron yang cukup tinggi terjadi di wilayah Jawa dan Bali, dimana positivity rate-nya meningkat dan BOR rumah sakit secara nasional sudah mencapai 24 persen.

"Walaupun di wilayah Babel saat ini masih di angka 4,12% (BOR rumah sakit). Namun demikian tentunya ini menjadi pengalaman bahwa kecenderungan akan ada pergeseran dalam kurun waktu 2 atau 3 minggu ke luar Jawa Bali. Sehingga tentunya bagi kita semua mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," kata Sigit.

Dalam setiap kunjungan ke wilayah, mantan Kabareskrim Polri ini meminta agar akselerasi vaksinasi ditingkatkan, khususnya bagi kelompok usia rentan atau lansia. Sebab berdasarkan data, lansia masih bisa tertular Omicron meskipun sudah divaksinasi dua kali.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau akselerasi vaksinasi di BabelKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau akselerasi vaksinasi di Babel. (Foto: dok ist)

"Hampir 84 persen angka fatalitas atau kematian adalah angka di lansia dan yang memiliki komorbid," ujar mantan Kapolda Banten tersebut.

Meski begitu, Sigit mengatakan pencapaian vaksinasi di Babel sudah cukup bagus. Dia meminta hal tersebut terus ditingkatkan.

Dalam kesempatan yang sama Sigit minta bantuan jajaran Forkopimda untuk membantu mensosialisasikan ke masyarakat yang belum vaksin untuk secepatnya datang ke gerai-gerai vaksin yang sudah disiapkan oleh seluruh pihak terkait.

Selain vaksinasi, Sigit tak bosan-bosan mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes), terutama penggunaan masker saat berkegiatan atau beraktivitas.

"Ini tolong diingatkan aturan yang ada terkait dengan kerumunan, pada saat makan, kemudian aturan jaga jarak tolong dipatuhi," ucap Sigit.

Eks Kadiv Propam Polri itu menekankan kepada Forkopimda untuk mengecek rumah sakit, tempat isolasi terpusat (isoter), dan obat-obatan agar dalam kondisi siap jika memang terjadi lonjakan kasus. Menurutnya, Forkopimda Babel harus terus selalu bersinergi dalam menghadapi COVID-19.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau akselerasi vaksinasi di BabelKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau akselerasi vaksinasi di Babel. (Foto: dok ist)

Selain melakukan peninjauan vaksinasi, mantan Kapolda Banten ini juga mengunjungi tempat isolasi terpusat (isoter) di Hotel Lorin. Ia sempat berbincang dengan beberapa pasien positif COVID-19.

Dalam dialognya, Sigit menanyakan kondisi kesehatan para pasien positif COVID-19 dan fasilitas serta pelayanan di tempat isoter. Beberapa pasien pun mengaku senang akan fasilitas dan pelayanan dari tempat isoter.

Sigit pun berpesan kepada pasien yang melakukan isolasi di tempat isoter untuk mematuhi segala petunjuk dari dokter maupun petugas medis.

"Tentunya di sini ada dokter dan tim medis yang lain. Diikuti apa yang diberikan seperti vitamin dan obat-obatan. Semoga semuanya cepat sembuh dan beraktivitas seperti biasanya," tutup Sigit.

(hri/fjp)